Baznas Persiapkan Bantuan sembako kepada 1.414 mustahiq

Rembang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rembang berencana akan menyalurkan paket sembako dan uang tunai kepada yatim piatu dan fakir miskin, dan sejumlah mustahiq lainnya. Penyaluran tersebut akan dilakukan di Ramadan ini, sebagaimana yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya.

Paket sembako senilai Rp 150ribu dan uang senilai Rp 200ribu itu akan diberikan kepada 40 fakir miskin di 14 Kecamatan di Kabupaten Rembang. Selain itu, bantuan juga akan diberikan kepada tujuh marbot, tujuh mubaligh, dan tujuh guru madin. Sedangkan jumlah yatim piatu yang akan menerima bingkisan senilai Rp 50 ribu dan uang tunai senilai Rp 100ribu berjumlah 40 orang di setiap kecamatan. 

“Sehingga, total penerima se-Kabupaten Rembang dari 14 kecamatan berjumlah 1.414 orang,” kata Ketua Baznas Rembang, Abdul Wahid Hasby

Guna menentukan penerima by name, Baznas Rembang telah menyampaikan surat kepada UPZ di setiap Kecamatan untuk mengumpulkan dan segera menyetorkan nama-nama penerima. Mustahiq tersebut tentunya sudah melalui tahap verifikasi oleh UPZ Kecamatan.

“Setiap penerima menyertakan KTP, KK, dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kades setempat,” imbuh Hasby.

Hasby mengatakan, marbot yang menerima adalah yang tidak mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rembang. Sementara mustahiq mubaligh adalah yang tidak berpenghasilan tetap, dan mustahiq marbot yaitu yang tidak mendapatkan honor pengurus masjid.

Hasby mengatakan, bantuan ini merupakan pentasarufan perolehan infaq dan zakat Ramadan tahun lalu. Rencananya, pentasarufan ini akan diadakan pada akhir Mei 2018. iq/bd