Baznaz Kabupaten Banyumas Adakan Safari di 6 Kecamatan

BANYUMAS – Komitmen Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas membantu kesejahteraan umat, kembali dibuktikan. Hal itu nampak saat safari yang dilakukan Bupati Banyumas selaku Ketua Dewan Pembina Baznas Kabupaten Banyumas, Achmad Husain ke Desa Kuntili, Kecamatan Sumpiuh pada hari Selasa (11/04). Disana Bupati menghadiri peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW sekaligus menyerahkan secara simbolik bantuan berupa bedah rumah untuk 6 warga tidak mampu.

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Bupati Achmad Husain disaksikan Ketua Baznas Umar AR, Kakankemenag Kabupaten Banyumas, Muspika Kecamatan Sumpiuh, Kades dan tokoh masyarakat Kuntili. Kegiatan safari di Desa Kuntili ini merupakan rangkaian dari penyerahan bantuan bedah rumah dan sekaligus peresmian fasilitas air bersih di beberapa kecamatan di Banyumas seperti Purwokerto Selatan, Kebasen, Kemranjen, Somagede, dan Kalibagor.

Sebelumnya, rombongan mengunjungi Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan untuk meresmikan fasilitas air bersih, dilanjutkan ke desa Randegan dan Karangsari Kecamatan Kebasen, serta Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen untuk menyerahkan bantuan bedah rumah. Menurut Ketua Baznas melalui Sekretaris 2 Agus Setiawan, kegiatan safari ini dalam rangka sosialisasi program-program Baznaz sekaligus bentuk kepedulian kepada masyarakat, melalui program penyerahan bantuan fasilitas air bersih dan bedah rumah.

Selain bedah dan benah rumah, Baznaz Kabupaten Banyumas selama ini rutin menyalurkan dana zakat diantaranya dalam bentuk bantuan pendidikan, pendayagunaan masyarakat kurang produktif, bantuan pengobatan gratis, tanggap bencana, dan layanan ambulans. Diharapkan masyarakat dapat merasakan adanya kepedulian dari Baznaz Kabupaten Banyumas. Agus menerangkan, aspek pemerataan kemanfaatan insyalah sudah tercapai karena sudah menyentuh 7 asnaf (yang berhak diberikan zakat) mustahik yang tersebar di 331 desa atau kelurahan, hanya 1 asnaf yang tidak tersentuh yaitu budak belian karena di jaman modern seperti sekarang sudah tidak dijumpai kondisi seperti itu.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, pemkab Banyumas mengapresiasi kinerja Baznas Kabupaten Banyumas yang konsisten memberikan dan menyalurkan dana zakat yang dikelolanya. Tak lupa, Bupati mengenalkan Baznaz kepada masyarakat sekaligus meminta masyarakat supaya mendukung program-program Baznaz Kabupaten Banyumas. “

“Saya berharap program Baznaz Kabupaten Banyumas terus berjalan, dan potenzi zakat dari warga Banyumas terus digali untuk lebih mensejahterakan umat.,” tegas bupati ketika penyerahan. Tahun ini dana zakat yang akan disalurkan dalam bentuk bedah rumah senilai 1,34M, benah rumah 1,28 M, fasilitas air bersih 61 juta. Hari ini sudah terealisasi bedah rumah dengan nilai 102,9 juta rupiah.

Pada kegiatan di Desa Kuntili, Baznas menyalurkan bantuan berupa bedah rumah untuk enam warga tidak mampu dengan nilai bantuan sebesar 15 juta per rumah dan untuk fasilitas air bersih dengan nilai sekitar 25 juta. “Ke depan insyAllah kami akan melakukan safari ke kecamatan-kecamatan lainnya daerah Barat dan Tengah. Ini komitmen dari Baznas dalam menyalurkan zakat dari para muzaki untuk para mustahik,” ungkap Agus. (hk/bd)