Bekali Kepala RA tentang Implementasikan Kurikulum 2013

Purbalingga – Dalam rangka pemantapan implementasi Kurikulum 2013 sebanyak 247 Kepala RA/BA/TA se-Kabupaten Purbalingga mengikuti Kegiatan Pembinaan dari Kasi Pendidikan Madrasah di Aula Uswatun Khasanah Komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (03/08) selama satu hari ini diselenggarakan oleh Pengurus Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Purbalingga. Bertindak sebagai narasumber Kepala RA Diponegoro Gumilang Kertanegara, Nurjanah .

Dalam pembinaannya Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ratmono menekankan agar Kurikulum 2013  diterapkan dengan memaksimalkan kemampuan sumber daya yang tersedia.

“Sesuai dengan ketentuan pemerintah, Kurikulum 2013 sudah harus diterapkan, sehingga dengan pelatihan yang telah diberikan sebelumnya usahakan pada tahun pelajaran 2017/2018 ini seluruh RA/BA/TA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara maksimal. Namun tentu  juga disesuaikan dengan kemampuan yang ada, khususnya anggaran di tempat masing-masing,” tandas Ratmono.

“Selain peningkatan kompetensi guru,  juga perlu diingat bahwa orang tua itu mencari mutu keunggulan sekolah, bukan kemegahan gedung sekolah,”  imbuhnya.

Selain menyampaikan materi Kebijakan Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Purbalingga, Ratmono juga menekankan pentingnya peningkatan disiplin guru khususnya dalam disiplin waktu dan disiplin berpakaian serta menghimbau agar lulusan RA/BA/TA memiliki keunggulan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Sedangkan Sekretaris Pengurus IGRA Kabupaten Purbalingga, Lailatul Khasanah saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut hanya bersifat pemantapan, karena pelatihan Kurikulum 2013 bagi anggotanya telah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya.

“Kegiatan ini sifatnya hanya pemantapan dengan pembinaan dari Kepala Kantor Kemenag, yang kebetulan saat ini dijabat pak Kasi. Untuk pelatihan Kurikulum 2013 sudah kami selenggarakan pada akhir tahun pelajaran 2016/2017,” ungkapnya.  (sar/gt)