Bekali Santri, Bersiap Ikuti FASI Nasional di Banjarmasin

Semarang (pontren)Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang PD Pontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahyani, Selasa (12/09) membuka Pembinaan dan Pelepasan bagi Kontingen Provinsi Jawa Tengah pada Festival Anak Sholeh (FASI) X Tingkat Nasional Tahun 2017. Pembukaan pembinaan kontingen tersebut diselenggarakan di PKBI Jawa Tengah, Jalan Jembawan No. 8 Kalibanteng Kulon, Kota Semarang. Pembinaan diselenggarakan selama dua hari dan diikuti oleh peserta dari TPQ juara FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah sebanyak 15 santri.

Pembinaan ini dimaksudkan untuk, melakukan pembinaan kepada kafilah Jawa Tengah tentang teknis perlombaan, memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan FASI ke-10 Tingkat Nasional kepada kafilah, dan memberikan pemantapan kepada santri agar siap mengikuti kegiatan FASI Tingkat Nasional. Selama pembinaan tersebut, peserta akan didampingi oleh instruktur dari Badko TPQ dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Harapannya, menurut Ketua Panitia M. Fathurrohim, peserta semakin mantap dan percaya diri untuk mempresentasikan kemampuan terbaiknya sehingga Kontingen Jawa Tengah mendapatkan Juara Umum.

Pengiriman Kontingen FASI ke-10 tersebut pada dasarnya merupakan program Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, sedangkan Kantor Wilayah Kementerian Agama memberikan fasilitasi pemberangkatan bagi 15 santri TPQ (Taman Pendidikan al-Quran), sedangkan 16 santri dari TKA (Taman Kanak-Kanak Alquran) dan 13 santri TQA (Ta’limul Quran lil Aulad) dikoordinasikan sepenuhnya oleh Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, sehingga anggota kontingen Provinsi Jawa Tengah secara keseluruhan sebanyak 44 santri.

Rencananya, sebagaimana disampaikan oleh Arif Zaini, seluruh kontingen akan diberangkatkan dan dilepas secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah besok (13/09) pukul 11.00 WIB menuju Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, dan akan mengikuti berbagai perlombaan selama 5 hari mulai tanggal 13 s.d. 17 September 2017.

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahyani, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah dalam mempersiapkan Kontingen Provinsi Jawa Tengah untuk berpartisipasi dalam Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Tingkat Nasional ini.

Selanjutnya, disampaikan Ahyani, orang tua dan lingkungan mempunyai peranan penting dalam perkembangan anak karena tidak ada jaminan jika dimasa kecil pandai mengaji, pada besarnya nanti juga akan pandai mengaji. “Anak-anak harus diberikan pendampingan untuk selalu meningkatkan kompetensi oleh pendamping yang mempunyai pengalaman yang lebih tinggi,” kata Ahyani.

Terkait dengan kiat-kiat sukses dalam mengikuti ajang FASI Tingkat Nasional. Ahyani menyebutkan, pentingnya kedisiplinan dalam berlatih. Pembiasaan ini penting dilakukan, diawali dengan disiplin dalam salat berjamaah. Diingatkan pula karena yang dilombakan adalah Alquran, maka cintailah Alquran. Baca, dan khatamkanlah dengan berjamaah, “Minimal satu kali khatam,” pintanya. (fat/gt)