Belajar Kerukunan, FKUB Sintang Kunjungi Klaten

Klaten-Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat,  mengadakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Klaten.  Rombongan FKUB Sintang dipimpin langsung oleh Askiman, Wakil Bupati (Wabup) Sintang. Kedatangan rombongan disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi di ruang B1 didampingi oleh sejumlah pejabat, Ketua FKUB Klaten Syamsudfin Asrofi beserta sejumlah pengurus, Kasubbag TU Kemenag Klaten, Selasa (4/12).

Sekda Klaten, Jaka Sawaldi dalam sambutannya mengatakan,  penduduk Klaten hampir 1,5 juta jiwa dengan berbatasan di sebelah barat Kabupaten Sleman DIY,  sebelah selatan Kabupaten Gunungkidul DIY,  sebelah timur Kabupaten Sukoharjo dan sebelah utara Kabupaten Boyolali.

“Klaten merupakan kabupaten yang berada di tengah-tengah antara dua kota budaya Solo dan Jogjakarta.  Selama ini kondisi warga Klaten hidup rukun meski warganya mempunyai keyakinan dalam beragama yang berbeda-beda,” jelasnya.

“Usaha bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemerintah dan masyarakat dan FKUB Klaten dalam merawat menjaga toleransi dan menjaga kerukunan antar umat beragama.  Maka dengan kunjungan FKUB Kabupaten Sintang di Klaten ini diharapkan dapat menjadi sarana sillaturahmi tukar informasi dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama,” tandas Sekda.

Sementara itu Wabup Sintang, Askiman mengucapkan terimakasih kepada Bupati Klaten beserta jajarannya dan FKUB Klaten yang telah menerima dengan baik kunjungan FKUB Sintang di Klaten. FKUB Sintang datang ke Klaten untuk belajar bagaimana caranya menjaga kerukunan umat beragama di tengah keberagaman dan perbedaan yang ada.

Diharapkan dengan suasana kerukunan umat beragama dapat menjadi sarana terwujudnya berbagai program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat. Turut dalam kunjungan tersehut Ketua FKUB Kabupaten Sintang Khalidul Mufied beserta jajarannya dengan jumlah rombongsn sebanyak 31 orang.

Hal senada juga disampaikan Kasubbag TU Kemenag Klaten Sudarsana, alhamdulillah kerukunan umat beragama di Klaten dapat terjaga dengan baik berkat kesadaran dan pemahaman umat dalam bermasyarakat.

“Ini sesuai dengan visi Kementerian Agama bahwa memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama, sehingga masyarakat akan damai dan sejuk,” imbuhnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan dialog antara FKUB Klaten dan FKUB Sintang dan ditandai pemberian cinderamata. Malam harinya rombongan FKUB Kabupaten Sintang mengadakan ramah tamah dengan Bupati Sri Mulyani di rumah dinas Bupati Klaten.(aj/Wul)