Belasan Siswa MAN 1 Wonosobo Lolos Ujian PTN

Wonosobo –  MAN 1 Wonosobo kembali berbinar bahagia, pasalnya belasan siswanya yang sudah mengikuti ujian tes masuk Perguruan Tinggi Negeri ternama, mampu melewati tahap seleksi dan di nyatakan lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diminati tersebut.

Sedikitnya yakni terdapat 13 siswa yang lulus tes PTN dari 41 siswa pendaftar lainnya. Sementara 80 siswa lainnya masih menunggu hasil tes seleksi jalur SPANPTKIN yang akan diumumkan 1 Mei mendatang.    

Adapun belasan siswa yang lulus tes seleksi PTN ternama berdasarkan universitas tersebut yakni di Universitas Diponegoro (UNDIP) ada beberapa siswa yakni Audrey Amelyawati dan Adelia Solekhah yang mengamil Fakultas Kesehatan Masyarakat serta Yudi Santoso dan Ikhwan Zain pada Fakultas Biologi, selanjutnya di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yakni Muh Alvin dan Sri Muslichah memilih Fakultas Pendidikan Geografi, serta Nurhayati fakultas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Zuriyah Fokus di Pendidikan Ekonomi & Akuntansi. Kemudian ada Risa Karnia Fokus di bidang Psikologi UIN Walisongo, Solechah fakultas Biologi UIN Sunan Kalijogo,Shinta Febriyana fakultas Biologi UNJ, Brainashva di Poltekes Semarang dan yang terakhir ada Arif Setyo Budi yang di terima di Poltekes Yogyakarta.

Dari informasi hasil tes ujian PTN tersebut, Kepala MAN 1 Wonosobo, Warsam, saat ditemui diruangannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi prestasi yang baru saja dimulai oleh alumni siswanya yang sudah menuntaskan pendidikan ditingkat menengah atas di MAN 1 Wonosobo dan akan menuju Perguruan Tinggi.

“Selamat kepada anak-anakku, pencapaian lolos Ujian PTN ini bukan pencapaian final, tapi ini merupakan awal yang baru setelah kalian lepas dari seragam putih abu-abu. saya berpesan, tingkatkan terus prestasinya dan sukses akademik, sukses organisasi, sukses pergaulan,” ungkap Warsam

Selain itu, pihaknya juga memotivasi siswa kelas XII yang belum berhasil lolos tes Perguruan Tinggi Negeri untuk terus belajar dengan giat dan tekun karena selain lewat jalur SNMPTN juga masih ada jalur SBMPTN dan UM (ujian Mandiri).

“Untuk Siswa yang belum berhasil jangan berkecil hati, terus belajar- belajar dan belajar, try try and try karena masih ada banyak jalan menuju roma. Artinya selain lewat jalur SNMPTN masih ada jalur SBMPTN dan UM,”tambahnya.

Sementara itu, Afifah selaku kordinator BK menuturkan, dibanding tahun lalu, siswa yang diterima lewat jalur SNMPTN terus megnalami peningkatan.

“Dari data tahun lalu dan sekarang terlihat ada peningkatan, dan itu belum final karena masih 80 siswa yang ikut jalur SPANPTKIN yang belum tahu hasilnya. Semoga dengan dukungan dari berbagai pihak, bisa mendorong banyak siswa MAN 1 Wonosobo yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri khususnya dan Swasta favorit umumnya,”pungkasnya. ps-ws/rf