Bentuk karakter bangsa melalui generasi Qurani

Pati – “Gong” bertalu talu di Pendopo Kabupaten Pati diikuti Mars MTQ tanda dibukanya MTQ Pelajar XXXI dan MTQ Umum XXVI tingkat Kabupaten Pati tahun 2015 oleh Bupati Pati H. Hariyanto,SH,MM,M.Si diawali dengan laporan pelaksanaan oleh ketua panitia yang dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim oleh kepala kantor kementerian agama kab. pati Drs. H. Akhmad mundakir, M.Si dihadiri oleh Forkopinda, Instansi terkait, peserta dan official yang Nampak khidmad mengikuti jalannya upacara pembukaan di Pendopo Kabupaten Pati (21/05).

Bupati Pati mengatakan bahwa “MTQ pelajar ini merupakan salah satu bentuk upaya membina generasi muda agar bisa membaca Al Quran, memahami isinya sekaligus mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. MTQ pelajar juga sebagai upaya agar siswa semakin mencintai dan gemar membaca Al Quran, karena Al Quran merupakan modal utama untuk membentuk generasi yang berahlak mulia, yang menjadi bekal kebahagian dunia akhirat”.

“Ternyata masyarakat tetap gandrung dengan Al Qur’an, terbukti mereka sangat antusias mengikuti perhelatan MTQ yang digelar diberbagai tempat di lingkungan Setda Kabupaten Pati”, ungkap Hariyanto.

Beliau menambahkan bahwa ”Kegiatan ini sebagai upaya memasyarakatkan bacaan Al Qur’an dalam membangun mental spiritual keagamaan yang akhirnya bisa melahirkan generasi muda yang Qur’ani, serta dapat menyiapkan kader bangsa yang beriman, bertaqwa, kreatif dan bertanggungjawab serta berharap agar nilai nilai yang terkandung didalam Al Qur’an dapat ikut membangun mental spiritual kita dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari”.

Menurut Bupati, pemahaman terhadap kandungan isi Al Qur’an diperlukan oleh setiap keluarga muslim. Sebab, katanya, pengetahuan itu akan menjadi bekal penting menghadapi tantangan kehidupan global saat ini. “Selain tuntunan ibadah, Al Qur’an juga mengatur tentang kehidupan sosial ekonomi dan kemasyarakatan lainnya yang bisa menjadi bekal menjalani hidup”, tegas Bupati lagi.

“Segala capaian program, dan berbagai aspek pembangunan di Kab. Pati, program yang terpenting dan utama adalah peningaktan iman dan taqwa (imtaq)”, tegasnya.

Terkait dengan itu, Bupati Pati berharap semua jajaran dunia pendidikan agar bersungguh-sungguh membina siswa siswi terutama dalam meningkatkan iman dan taqwa, untuk meciptakan generasi muda yang cerdas dan berahlak mulia. “Oleh karenanya, kami memberikan apresiasi yang luar biasa untuk kegiatan MTQ pelajar tingkat Kab Pati ini,” katanya.

Diakhir sambutannya Bupati Pati berpesan untuk peserta yang nantinya mewakili Kab. Pati tampil di MTQ umum XXVI tingkat provinsi Jawa Tengah pada pada tanggal 19 s.d 22 September mendatang harus bisa membawa nama baik Kab. Pati.

Menurut laporan Ketua Panitia Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kab. Pati Ir. H. Pujo Winarno, MM melaporkan kegiatan MTQ ini diikuti oleh 304 peserta terdiri atas 126 peserta umum dan 178 peserta pelajar yang berlomba pada cabang Tartil, Tilawah dan Hafalan Al Qur’an. Tujuan MTQ ini adalah untuk menjalin ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al Qur’an. Selain itu juga sebagai ajang seleksi untuk memilih Qari dan Qariah serta Hafidz dan Hafidzah terbaik Kabupaten Pati. “Para peserta adalah perwakilan dari Kecamatan yang telah lolos seleksi”, terangnya.