Aktor Dibalik Suksesnya Pesantren Kilat SMAN 10

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Bulan suci Ramadhan sudah akrab dengan berbagai kegiatan islami didalamnya, tak terkecuali Pesantren Kilat. Pesantren kilat adalah kegiatan rutin tahunan OSIS yang di adakan oleh Ekskul ROHIS SMA Negeri 10 Semarang. Kegiatan didalamnya berupa siraman rohani religi sekaligus mendalami kitab suci Alquran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan disekolah dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi muslim, Senin-Kamis (3-6/4/23), dan khusus untuk peserta didik kelas X dan XI ada penambahan pelaksanaan kegiatan dari 10 hingga 13 April 2023.

Pesantren Ramadhan berlangsung setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Pesantren Ramadhan 1444 H tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Sekolah, Mulyani M.Noor. Turut hadir pula, Wakasek Bidang Kesiswaan, Humas, Kurikulum, dan Sarpra. Dalam sambutannya, Mulyani menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pesantren Ramadhan. “Di era digital, kita harus selalu waspada karena adanya konten-konten yang bias dan tidak benar yang saat ini masih ada disekitar kita, sehingga kita harus terus menerapkan disiplin ilmu yang sehat, walaupun dalam keadaan seperti in. Kita harus terus kreatif dan selalu meningkatkan iman seperti mengikuti kegiatan Pesantren Kilat ini,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan kajian Islam, yang disampaikan oleh 3 pemateri yaitu, Bapak Sisworo yang membawakan materi Akhlak Muslim dan Muslimah, Ibu Sri Bintani selaku ketua STPPKS dan Pembina ROHIS Putri yang membawakan materi Fikih Puasa, dan Bapak Abdul Aziz selaku Pembina Ekskul ROHIS Sub Rebana yang membawakan materi penutup, Menjadikan Alquran sebagai Obat dan Rahmat.

Kegiatan ini telah disiapkan dengan baik oleh OSIS dan ROHIS SMAN 10 Semarang, yang mengawalinya dengan membentuk kepanitiaan, merancang susunan kegiatan, sehingga bisa berjalan dengan lancar dan menggugah antusiasme peserta Pesantren Kilat.

Pada bagian selanjutnya, Abah Ahmad Fadlol selaku Kordinator Pembina ROHIS SMAN 10 Semarang mengatakan, kegiatan Pesantren Kilat merupakan kerja sama antara ROHIS dan OSIS. “Terima kasih untuk ROHIS dan OSIS SMA Negeri 10 yang telah mempersiapkan kegiatan Pesantren Kilat dengan sangat matang, sehingga kegiatan berjalan dengan baik sebagaimana harapan bersama. Semoga kegiatan ini menjadi ladang kebaikan dan bermanfaatan bagi kita semua,” ungkapnya. (Ahmad Fadlol/NBA/bd)