Cegah Stunting Melalui Binwin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Bertempat di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kebumen Rabu (15/11) dilaksanakan kegiatan bimbingan pernikahan (Binwin) bagi calon pengantin (Catin). Kegiatan binwin diikuti oleh 10 pasang calon penganting atau 20 peserta. Berbeda dengan binwin sebelumnya, binwin kali ini dilaksanakan bekerjasama dengan Tim Stunting Kecamatan Kebumen.

Pada kegiatan binwin disampaikan pentingnya catin memeriksakan kesehatan sejak dini yaitu sebelum melaksanakan pernikahan agar kesehatanya dapat terpantau dan mencegah terjadinya stunting pada anak yang kelak akan dilahirkan oleh catin. Nara Sumber dari BKKBN Kebumen, Amat menjelaskan “Seyogyanya calon pengantin mengisi Aplikasi ELSIMIL (Elektronik Siap Menikah dan Siap Hamil) agar kesehatannya terpantau sejak sebelum menikah, hamil dan sampai melahirkan sebagai upaya mencegah stunting pada anak yang dilahirkan.

Stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan gizi buruk, terserang infeksi yang berilang maupun stimulasi spikososial yang tidak memadai”.

Nara sumber dari KUA Kebumen H. Amin Karmani menjelaskan bahwa pernikahan harus dilaksanakan secara sah, baik sah menurut agama  dengan memenugi syarat rukunnya maupun sah secara negara yaitu tercatat di Kantor Urusan Agama. Disamping itu Catin juga harus mengetahui bahwa diantara tujuan menikah adalah memperoleh anak/keturunan baik dan sehat. Untuk itu catin seyogyanya menjaga memeriksakan dan kesehatannya agar melahirkan anak-anak yang sehat.

Di tempat yang sama Kepala KUA Kebumen H. Waliman memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan binwin yang bekerjasama dengan Tim Stunting Kecamatan Kebumen. “Mudah-mudahan kegiatan ini besa terus berlanjut sebagai upaya mencegah terjadinya stunting di wilayah kecamatan Kebumen. (Sol/fz/bd).