Jadi Tuan Rumah Rakernas 2024, Jateng Siap Sukseskan Program Prioritas Kementerian Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Jawa Tengah merasa terhormat bertindak sebagai tuan rumah gelaran akbar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2024, tepatnya di Kota ATLAS, Semarang. Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad membersamai Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, hadir dalam pembukaan rakernas yang digelar di Gumaya Tower Semarang, Senin (5/2/2024).

Rakernas tahun inj mengusung tema “Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045” untuk mendorong transformasi birokrasi Kementerian Agama yang semakin profesional, akuntabel, dan transparan.

Kakanwil berbahagia karena Jawa Tengah bisa turut andil dalam rakernas tahun ini. Dirinya pun menuturkan bahwa rakernas 2024 sangat penting dan strategis karena dua alasan.

“Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pada saat yang bersamaan, tahun ini juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025,” tutur Musta’in.

“Sebab RPJMN 2020-2024 akan mempengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN. Saya yakin Kementerian Agama siap bertransformasi menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Sebagai Kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kemenag mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. Sehingga strategi-strategi terbaik telah dipersiapkan guna mempercepat pelayanan kepada umat. Melalui digitalisasi semua layanan di Kementerian Agama menjadi pilihan utama guna meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola birokrasi yang lebih baik.

Tampak hadir pula pejabat Eselon I dan II, Kanwil Kemenag Provinsi, serta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia. (PS/bel)