Kemenag Banjarnegara Launching Desa Merden dan Somawangi Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Moderasi beragama masih menjadi program prioritas Kementerian Agama RI. Mewujudkan program prioritas tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melaunching Desa Merden Kecamatan Purwanegara dan Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara sebagai Kampung Moderasi Beragama pada, Rabu, (26/7/2023). Kegiatatan dipusatkan di Balai Desa Merden Kecamatan Purwanegara.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjarnegara, Kasubag, Kasi dan Penyelenggara Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Forkompinca Purwanegara dan Mandiraja, Para penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjarnegara, Ketua Ormas Keagamaan, dan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) total undangan berjumlah 126 orang.

Ali Mustofa, Kasi Bimas Kankemenag Kabupaten Banjarnegara selaku ketua penyelenggara, pada kesempatan menyampaikan laporan kegiatan, mengucapkan banyak terima kasih kepada para camat khususnya Camat Purwanegara dan Camat Mandiraja, Kades Merden dan Kades Somawangi yang sudah bersama sama dengan semua unsur moderasi yang sudah berjalan sehingga Desa Merden dan Somawangi di tetapkan di launching sebagai Kampung Moderasi.

“Kegiatan Launching Kampung Moderasi Beragama dilaksanakan serentak secara nasional dan kita akan mengikuti secara  zoom, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, khusunya kepada Camat Purwanegara dan Camat Mandiraja,” ungkap Ali.

”Kami telah telah seleksi desa-desa pada 20 kecamatan di kabupaten Banjarnegara. dan akhirnya kami menetapkan 2 desa yang layak dicanangkan sebagai kampung moderasi dan 2 desa ini akan kita ajukan untuk lomba kampung moderasi beragama,” tambah Ali.

Sementara itu, Karsono, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Banjarnegara, dalam sambutan pengarahan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan, terutama kepada para Penyuluh Agama Islam.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada semua pihak yang sudah menyukseskan kegiatan ini, wabilkhusus para sahabat para penyuluh yang bisa menyelenggarakan kegiatan Launcing Moderasi Beragama,” seru Kepala Kantor.

Masih menurut Karsono selain moderasi beragama yang menjadi program prioritas Kemenag RI, ada juga program pemberdayaan penyuluh untuk mendukung programprogram- prioritas, “Salah satu penyuluh Kita Bapak Imam Khambali akan maju ke tingkat nasional pada ajang PAI Award, kami doakan semoga menjadi juara Nasional,” tambah Karsono.

Lebih mendalam Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara mengharapkan apa yang telah dicapai Bapak Imam Khambali menjadi Inspirasi bagi penyuluh agama yang lain, karena tugas penyuluh adalah mengawal dan menjaga moralitas bangsa sehingga masyarakat Banjarnegara harapannya bisa menjadi lebih sejahtera lebih bermartabat dan lebih bertakwa.

“Semua menyampaikan pesan-pesan kebaikan melalui media social, sehingga nanti tidak hanya muncul jika ada berita negative tapi muncul dalam berita positif yang inspiratif. Mari siapapun kita, sampaikan pesan-pesan kebaikan di media social sehingga menginspirasi masyarakat dan akan tercipta moderasi yang indah,” pungkas Karsono (aho/dr/rf)