Keseimbangan Jasmani Dan Rohani Dalam Pelaksanan Ibadah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Dalam melaksanakan ibadah haji dibutuhkan jasmani yang sehat dan rohani yang kuat, mengingat kondisi saat ini masih dalam wasada pandemi maka kualitas diri harus dijaga dengan baik terutama adalah sisi fisiknya. Demikian disampaikan Sofia Nur pada saat penutupan manasik haji Kota Magelang, Kamis,(2/6).

“Badan sehat dan bugar dengan mempersiapkan mental yang kuat adalah kunci untuk dapat melaksanakan haji tahun ini,” kata Sofia

Lebih lanjut dikatakan kekuatan dalam fisik harus diimbangi dengan kekuatan mental rohani. Kenapa demikian, mengingat menjadi calon jamaah haji saat ini adalah pilihan, hanya yang memiliki kualitas sehat jasmani dan rohani yang kuat yang diberangkatkan. Masa pandemi memilki keistimewaan dalam pelaksanan haji, hanya orang yang terpilih yang bisa berangkat. Untuk itu bapak dan ibu calan jama’ah haji Kota Magelang adalah orang yang terpilih.

Kegiatan manasik dilaksanakan di Bakorwil wilayah Kedu Jl. P. Diponegoro No. 1 diikuti oleh 71 calon jama’ah haji Kota Magelang, hadir dalam kesempatan tersebut Kasi PHU Taufik Husen Ansori, Kepala KUA se-Kota Magelang dan Penyuluh Agama Islam.

Taufik Husen Ansori dalam pejelasannya bahwa kegiatan ini adalah salah satu cara memberikan pemahaman dan kesiapan bagi jama’ah ketika berhaji di Arab Saudi. Kita mencari wilayah yang luas dan tanpa perlindungan agar nuansa di tempat aslinya bisa dirasakan, sehingga mereka tidak kaget perbedaan suhu udara, selain itu juga memberikan kesiapan fisik sehat jasmani dan rohani, “ujar Taufik

Dengan pelaksanaan manasik ini dimaksudkan memberikan pembekalan kepada calon jama’ah haji agar siap secara mental sebelum diberangkatkan ketanah suci. (Wahono/Hari/rf).