MAN 2 Kebumen Juara III KSM Provinsi Jawa Tengah 2023 Mapel Ekonomi Teritegrasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kejuaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 untuk Tingkat Provinsi baru saja diumumkan. Propinsi Jawa Tengah total meraih 33 kejuaraan, yang terdiri dari juara 1, 2, dan 3 untuk semua mapel di semua jenjang (MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA). Dari semua jenjang (MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA), ada 33 kejuaraan yang dieperebutkan, MAN 2 Kebumen berhasil menjadi juara III untuk mapel ekonomi terintegrasi yang dipersembahkan oleh Aulia Salsabila, Kelas XII IPS 1.

Aulia bersaing ketat dengan 168 peserta untuk bisa lolos menjadi juara III. Ia menjadi satu-satunya peserta didik tingkat MA se-Kabupaten Kebumen yang berhasil meraih juara di KSM Jawa Tengah tahun 2023.

Adapun untuk tingkat MTs se-Kabupaten Kebumen, MTs N 1 Kebumen berhasil meraih 2 kejuaraan, Juara II Mapel IPA Terpadu Terintegrasi dan Juara II Mapel IPS Terpadu Terintegrasi.

Dihubungi secara terpisah, Intan Murniningsih, selaku guru pembimbing, mengaku cukup puas dengan hasil yang diraih peserta didiknya. Dari 8 peserta yang dikirimkan oleh MAN 2 Kebumen di KSM Tingkat Jawa Tengah, ada 1 yang menjadi juara untuk mapel Ekonomi Terintegrasi, meskipun hanya peringkat 3. Untuk mapel Biologi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, dan Matematika Terintegrasi, peserta didik MAN 2 Kebumen belum beruntung.

“Apapun hasilnya, tetap disyukuri. Meskipun tahun ini baru juara 3 tidak bisa lolos ke nasional. Semoga tahun depan hasil KSM-nya lebih baik lagi, bisa lolos KSM nasional dan menang,” ucap Intan kepada tim media, Rabu (9/8/2023).

Senada dengan Intan, Kepala  MAN 2 Kebumen, Warsam, tetap menyampaikan apresiasi dan selamat atas pencapaian peserta didiknya di KSM 2023. Warsam optimis bahwa pretasi MAN 2 Kebumen bisa terus ditingkatkan, karena MAN 2 Kebumen adalah sekolahnya para juara.

“Meski hanya juara 3, tapi itu sudah masuk tingkat propinsi. Tentu ini patut disyukuri karena kerja keras guru dan peserta didik sudah maksimal. Kami tentu terus berupaya menjaga tradisi juara MAN 2 Kebumen senantiasa tertanam dari generasi dan generasi. Dengan tekad kuat, juga doa dan harapan yang tulus kepada Allah Swt, optimis MAN 2 Kebumen semakin maju,” tandas Warsam. (Anas/fz/bd).