MIN 5 Sragen Wisuda Tahfidz 87 Siswa Angkatan ke 2

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – MIN 5 Sragen menggelar wisuda Tahfidz angkatan ke-2 tahun 2023. Sebanyak 87 siswa mengikuti prosesi wisuda tersebut. Tahun 2023 ini Muhammad Athaya Rasya siswa kelas 5 memperoleh hafalan tertbanyak dengan hafal 7 juz. Wisuda Tahfidz berlangsung di Graha Cendekia MIN 5 Sragen pada Sabtu, (17/06). Kegiatan ini dihadiri oleh Pengawas Pendidikan Agama Kecamatan Sumberlawang, komite MIN 5 Sragen, para guru, segenap wisudawan/wisudawati dan wali/orang tua murid.

Sebelum diwisuda, siswa siswi tersebut telah mendapatkan bimbingan khusus dari pembimbing tahfidz dan beberapa guru yang telah ditunjuk oleh kepala madrasah. Selain itu juga  telah melaksanakan ujian sekali duduk dan dinyatakan lulus. Adapun kriteria penilaian pada ujian sekali duduk meliputi tajwid, makhraj, dan kelancaran hafalan.

Pengawas Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Sumberlawang H. Sulkhan, M.Ag memberikan apresiasi kepada MIN 5 Sragen yang telah membuat program unggulan berupa kelas tahfidz. Sulkhan mengharap program kelas tahfidz ini dapat diikuti oleh lembaga pendidikan lainnya. Karena tahfidzulqur’an merupakan program yang dibtuhkan dengan kondisi zaman saat ini.

Dalam sambutannya, Muhammad Rosyid Ridho mengatakan, “Terima kasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada Ustadzah Juli dan Ustadzah Raiskiya serta para guru yang telah bekerja keras dalam membimbing siswa-siswi untuk menghafal Alqur’an. Kepada anak-anakku, wisuda hari ini bukan berarti selesai dan berhenti menghafal Al Qur’an. Terus tingkatkan hafalannya, yang sudah 2 juz lanjutkan 3 juz, yang sudah 3 juz lanjutkan 4 juz dan seterusnya,” ucap Muhammad Rosyid Ridho.

Dalam acara wisuda tahfidz angkatan ke 2 ini menghadirkan Ustadz Yusuf Hilmi untuk memberikan tausiyah dan motivasi tentang kecintaan kepada Quran.

“Salah satu keutamaan menghafal Al Qur’an yaitu Nabi menjanjikan bahwa orang tua yang memiliki anak penghafal Al Qur’an akan diberikan mahkota oleh Allah pada hari kiamat nanti. Mahkota tersebut memiliki cahaya yang lebih indah daripada cahaya matahari yang menerangi kediaman mereka di dunia,” ungkap ustadz Yusuf.

MIN 5 Sragen sudah 2 tahun ini mengadakan program kelas tahfidz. Tahun 2023 sudah ada 2 kelas tahfidz yaitu kelas 1 dan kelas 2. Masing –masing kelas tahfidzh terdiri dari 20 siswa. Namun peserta wisuda tahun ini tidak hanya dari kelas tahfidz saja tetapi juga dari siswa/siswi kelas reguler.

Kepada para orang tua dari para peserta wisuda diharapkan untuk terus mendukung dan mendorong anak-anak dalam menghafal al Qur’an. Karena anak-anak penghafal Al Qur’an adalah calon-calon generasi qur’ani yang kelak diharapkan mampu menjaga dan memelihara kemurnian Al Qur’an. Semoga ke depan jumlah wisudawan/wisudwati tahfidz Al Qur’an MIN 5 Sragen terus bertambah.(dewi/Sua)