MIN Kota Semarang Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Rabu (27/09/2023), MIN Kota Semarang menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H di halaman madrasah.

Hari itu, guna mempersiapkan acara, halaman madrasah ditata sedemikian apik, dengan hiasan yang indah dan menarik bernuansa islami.

Kegiatan diawali dengan berjanji yang diikuti oleh seluruh siswa dibawah panduan Gunawi. Gunawi menuturkan, pembacaan berjanji merupakan salah satu komitmen muslim untuk menjadikan ajaran dan teladan Rasulullah SAW sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, grup rebana pun tampil secara memukau. Tak hanya memberikan nuansa keagamaan, tampilan rebana mampu membangkitkan semangat kebersamaan dan semakin semaraknya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MIN Kota Semarang. Menurut informasi yang didapatkan penulis, grup rebana ini telah dilatih secara intensif oleh Miftah, seorang pelatih rebana yang berbakat.

Dalam sambutannya, Nadzib selaku Kepala MIN Kota Semarang menuturkan, penyelenggaraan kegiatan dalam rangka meningkatkan kecintaan peserta didik kepada sosok panutan umat muslim, serta meneladani akhlak Rasulullah SAW. “Kami berharap, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, kita akan semakin cinta dan mengenal Rasulullah SAW, serta bagaimana perilaku Beliau dalam kesehariannya yang bisa menjadi teladan bagi kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nadzib menyampaikan beberapa sikap teladan Rasulullah SAW. “Yang perlu kita teladani dari Nabi Muhammad SAW bukan hanya terkait ibadahnya, tetapi juga sikap, perilaku, dan interaksi sehari-hari Beliau dengan sesama manusia seperti, kasih sayangnya, kedermawanannya, kejujurannya, dan sifat-sifat mulia lainnya,” ungkapnya.

Nadzib menambahkan, tidak hanya itu, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, juga diharapkan mampu meningkatkan keimanan para siswa. “Semoga semangat yang ditanamkan dalam acara ini dapat terus mewarnai kehidupan keseharian KITA, sehingga nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tetap terjaga dan diaplikasikan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Peringatan Maulid Nabi ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Baedhowi. Dalam doanya, ia mengungkapkan terima kasih dari keluarga besar MIN Kota Semarang kepada Allah SWT atas berkah kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan memohon petunjukNya, agar dapat mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam menjalani kehidupan sehari-hari.(fw/Nba/bd)