Pelepasan Calhaj Batang Diawali Dengan Khatmil Quran 30 Juz

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk memantapkan kesiapan calhaj, kemaren Selasa (23/05) di pendopo Kabupaten Batang PJ.Bupati Hj. Lani Dwi Rejeki melepas calhaj secara resmi. Hadir pada acara itu PJ.Bupati Batang, Ketua DPRD, forkopimda, Kakankemenag, Kepala KUA Kecamatan, IPHI, perwakilan KBIH dan seluruh calhaj.

Dalam sambutannya Penjabat(PJ) Bupati Batang Hj. Lani Dwi Rejeki berpesan agar calhaj untuk menjaga kesehatan apalagi banyak yang manula. Menurutnya tahun ini memang kebijakan pemerintah sedang berpihak pada calhaj manula, maka kesehatan menjadi salah satu prasarat yang harus diperhatikan.

“Ibadah haji harus dilakukan dengan khusyuk, menjaga kesehatan selama berada disana. Karena kesehatan yang baik akan berdampak positif terhadap pelaksanaan ibadah haji,” kata Hj. Lani Dwi Rejeki.

Dia juga menyoroti bahwa calhaj kita kali ini banyak pasangan suami-istri yang usianya cukup tua, maka menurutnya para pendamping untuk benar-benar memberi perhatian pada mereka.

“ Saya berdoa agar para calhaj mendapatkan haji mabrur, mohon doa pada para calhaj agar Kabupaten Batang terhindar dari musibah, bencana,permasalahan dan selalu terjaga keamanan kan ketertibanya,” tegasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kab. Batang H. Akhmad Farkhan dalam pembinaannya menyampaikan bahwa jamaah haji kita tahun ini luar biasa. Menurutnya banyak yang berusia tua, maka perhatian dari para petugas dan pendamping untuk cermat.

“ Masih ingat niat umroh dan hajinya bapak-ibu? Mari kita baca bersama-sama,” kata H. Akhmad Farkhan mengawali pembinaannya.

Selanjutnya dia memimpin membaca niat, doa dan mengucapkan talbiyah berkali-kali dan diikuti secara kompak oleh seluruh calhaj.

“ Ibadah haji merupakan ibadah fisik, maka saya berpesan pada seluruh calhaj untuk menjaga kesehatan sejak sekarang, kesehatan yang pertama menurut saya adalah kesehatan hati dan perasaan, itu artinya bukan banyak istirahat dan banyak jalan-jalan namun yang utama adalah tersenyum dan selalu mengucapkan Alhamdulillah, bila lisan kita mengucapkan Alhamdulillah diikuti hati yang tenang akan membangkitkan kesehatan jiwa dan raga kita,” ungkapnya.

Dia juga berpesan pada calhaj untuk meminta doanya ditempat-tempat mustajab di tanah suci. Menurutnya Kabupaten Batang masih banyak gangguan dan banyak persoalan maka dimohonkan doa dari seluruh calhaj untuk keselamatan nagara, bangsa dan juga kabupaten Batang.

“ Bapak-ibu doakan Kabupaten Batang agar terhindar dari persoalan, permasalahan serta terhindar dari bencana dan malapetaka, doa yang dipanjatkan bapak ibu benar-benar akan didengar oleh Allah sehingga Batang akan menjadi daerah yang aman tentram,” pesannya.

Acara prosesi pelepasan calhaj diawali dengan khatmil quran dari santri pondok pesantren dilanjutkan pelantikan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten oleh pengurus IPHI Jawa Tengah. (Zy_humas/rf).