Pembinaan Penyuluh Agama Islam di Lingkungan Kementerian Agama Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar (humas) – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar  melaksanakan pembinaan Penyuluh Agama Islam dengan menghadirkan dua Narasumber pada  Kamis, 13/6/2024 di Aula PLHUT Kemenag Karanganyar, dengan peserta sebanyak 130 penyuluh agama Islam di wilayah Kabupaten Karanganyar dan  dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Karanganyar Dr. H. Hanif Hanani, S.H., M.H.

“Pembinaan ini bertujuan adalah sebagai ajang untuk silaturrahim sekaligus mengadakan evaluasi kegiatan agar kegiatan-kegiatan kami di masa yang akan datang selalu kompak di dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat khususnya,” tutur Hanif.

Kepala Seksi Bimas Islam, Ruslan menyampaikan bahwa  acara ini sebagai sarana peningkatan kualitas Penyuluh Agama Islam dalam rangka mewujudkan pelayanan kepenyuluhan di wilayah binaan.

“Terkait dengan perangkat dan instrumen Penyuluh, apa yang diperuntukkan oleh penyuluh, yaitu penguasaan materi, karena kita akan berhadapan dengan masyarakat yang kemungkinan penguasaan dan pemahaman materi-materi agama khususnya jauh lebih baik, oleh sebab itu penguasaan materi harus diperhatikan betul-betul oleh seorang penyuluh,” kata Ruslan.

Narasumber Pertama,  Drs. Ir. H. Khuzaini Hasan (Dewan Pakar ICMI Onda)  Karanganyar menyampaikan materi dengan tema Peran Penyuluh Agama Islam dalam membentuk pemahaman beragama pada masyarakat.

Pembicara kedua H. Andi Kusuma Brata, S.E., S.Kom., M.M., M.Si, MCH., C.Ht (Motivator Spiritual Building) yang memberikan motivasi dan materi tentang urgensi peningkatan literasi keagamaan guna kegiatan kepenyuluhan.(ida/sua)