Penerimaan Siswa Baru TP. 2023/2024 MIM Kauman Berjalan Lancar.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Panitia PSB (Penerimaan Siswa Baru) Tahun Pelajaran 2023/2024 Ahad kemarin, 12 Maret 2023 melaksanakan kegiatan observasi. Seperti tahun tahun sebelumnya, observasi ini diagendakan setiap tahun setelah ditutupnya masa pendaftaran (Januari s.d Maret).

Kegiatan ini menghadirkan calon siswa baru didampingi orang tuanya dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat kemampuan siswa dalam beberapa aspek dan pendekatan kepada orang tua.

Adapun aspek yang dinilai yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Kognitif berupa mengenal angka, huruf abjad, kegunaan benda dan warna. Afektif berupa mengenal huruf hijaiyah, membaca do’a dan surat pendek . Sedangkan tes psikomotorik meliputi motorik kasar (jumping track) dan motorik halus (memakai baju berkancing).

Alur kegiatan observasi tahun 2023 ini dimulai dari pengisian daftar hadir dan pemberian souvenir untuk calon siswa baru. Kemudian dilanjutkan pengukuran baju atau seragam yang akan digunakan. Satu persatu siswa dipanggil ke ruang kelas untuk pengukuran berat badan dan tinggi badan kemudian memasuki masing-masing ruang tes. Sedangkan terpisah dengan calon siswa, calon wali murid juga melaksanakan wawancara di ruangan terpisah. Kegiatan wawancara sekaligus pengisian pernyataan kesanggupan berada di lantai dua gedung A. Dengan pewawancara oleh Bapak Kepala Madrasah Djoko Susilo, S.Pd.SD, dua orang dari pengurus MIM Kauman dan  dua orang guru MIM Kauman.Selesai kegiatan baik calon siswa maupun calon wali siswa dapat langsung meninggalkan madrasah.

“Alhamdulillah kegiatan observasi berjalan lancar, hasil dari kegiatan ini adalah pengumuman penerimaan peserta didik baru yang akan dilaksanakan setelahnya. Semoga dari calon siswa yang sudah hadir dapat diterima sebagai siswa baru MIM Kauman”  tutur Kepala Madrasah. (LP/MTb/bd)