Besok, Jemaah Haji Dijadwalkan Tiba di Pati

Pati – Seiring dengan berakhirnya rangkaian pelaksanaan ibadah haji 1438 Hijriah, para jemaah Haji Kabupaten Pati kloter 39 dijadwalkan akan kembali ke Bumi Mina Tani, Selasa (19/09/2017) pukul 15.00 wib besok. Rombongan Kloter 39 ini meliputi KBIH Al Khidmah, KBIH Zam-zam NU, dan KBIH Assalam.

Sedangkan Kloter 88, 89, dan Kloter 90 dijadwalkan tiba di Pati pada Rabu (04/10/2017). Sementara rombongan haji kloter 91 dan kloter 92 pada Kamis (05/10/2017).

Kepala Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir, melalui Staf Haji M. Juned mengatakan, pemulangan jemaah haji asal Pati memang sudah direncanakan Selasa besok. Dia berharap semoga saja jadwal tersebut tidak terjadi perubahan.

“Penjemputan jemaah haji akan kami fasilitasi sampai di Pendopo Kabupaten Pati. Sesampainya di Pati, keluarga jemaah akan menjemput mereka,” terangnya, Senin (18/09/2017).

Disinggung terkait kondisi jemaah selama melaksanakan ibadah di tanah suci, ia mengatakan tak ada kendala yang berarti. Bagi jemaah yang kondisinya sedang sakit, juga dibantu untuk menjalankan prosesi haji sampai akhir.

“Ada tiga yang meninggal, tapi setelah selesai melakukan haji. Kondisi cuaca di sana juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Karena cuacanya berbada dengan di sini. Tapi, secara keseluruhan, semuanya baik-baik saja,” tambahnya. (Athi’/bd)