Brebes siap bertanding dalam STQ ke-23 mendatang

Brebes – Sebagai upaya mendapatkan predikat terbaik bagi kafilah Kabupaten Brebes dalam Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Brebes menggelar try out, terlebih Kabupaten Brebes akan menjadi tuan rumah pada penyelengaraan STQ ke-23 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilangsungkan pada 17 s.d. 20 Nopember 2014 mendatang.

Ketua LPTQ Kabupaten Brebes Imam Hidayat menjelaskan bahwa “kegiatan ini diikuti oleh kontingen Brebes yang telah diseleksi, dimana sebelumnya telah dilakukan pembinaan secara bertahap dengan mendatangkan pelatih dari luar daerah yang bertaraf Nasional, sebanyak 16 orang personil Kafilah Kabuaten Brebes yang di try out“ tuturnya disela kegiatan diruang rapat Bupati Brebes pada Rabu (5/11) lalu. Ke-16 kafilah Kabupaten Brebes akan berebut piala pada cabang Tilawah, Tahfidz dan Tafsir.

Sebagai tuan rumah dan juga selaku ketua LPTQ akan mendukung penuh agar Kabupaten Brebes dapat sukses prestasi dan sukses administrasi, kegiatan try out ini untuk mendukung sukses prestasi”, tekad Imam. Try out ini njuga dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dalam mencapai target, bila ternyata belum mencapai nilai minimum maka akan terus dilakukan langkah-langkah perbaikan.

Wakil Bupati Brebes Narjo selaku Ketua STQ tingkat Jawa Tengah menjelaskan bahwa “pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Jawa Tengah di Brebes , gelaran ini akan diikuti oleh 35 Utusan Kabupaten /Kota se-Jateng. Setidaknya ada 1.500 peserta, ditambah orang tua yang mendampingi dan tamu lainnya akan turut memeriahkan even besar ini. Cabang yang akan dilombakan/dimusabaqahkan adalah Tilawah golongan anak anak putra dan putri golongan dewasa putra dan putri,, Tahfidz/tilawah golongan 1 juz ,5 juz , 10 juz ,20 juz serta 30 juz juga tafsir Bahasa Arab.

Untuk rencana pelaksanaan STQ akan ditempatkan dibeberapa titik antara lain MTsN Model Brebes Ponpes Assalafiyah II Brebes, Aula Kankemenag Brebes, Islamic Center Brebes dan Masjid Agung Brebes serta SMA 2 Brebes.

Sementara itu Bupati Brebesa Idza Priyanti turut memantau dari awal hingga akhir kegiatan try out mengatakan bahwa “target menjadi yang terbaik memang bukan yang utama dan bukan hal mudah, tetapi dengan prestasi yang gemilang tentu akan menambah kebahagiaan tersendiri sebagai tuan rumah. Menurutnya yang lebih utama tercapainya perubahan perilaku warga Brebes yang Qur’ani serta kepada generasi muda bisa berjiwa Qur’ani dan masyarakat Brebes mampu mengimplementasikan nilai-nilai qur’ani dalam kehidupan sehari- hari. Sungguh sangat membahagiakan dengan lahirnya generasi Qur’ani lewat penyelengaraan STQ”, harap Bupati(hum .FR)