Budaya Perlu Dalam Padangan Islam

Surakarta (Inmas) – Seminar Nasional Bincang Santai bersama Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (LHS) yang dilaksanakan di IAIN Surakarta (4/3) Seminar dihadiri oleh Para Rektor PTAIN di Jawa Tengah dengan mengambil Thema “Islam dan Budaya  Sebagai Instrumen Integrasi Bangsa”, kegiatan di ikuti oleh lima ratus orang.

Menteri Agama LHS menyampaikan dengan mencotohkan Walisongo dalam menyampaikan dakwahnya dengan penuh kearifan dalam memahami menyikapi antara nilai agama Islam dengan nilai budaya.

“Jadi kebiasaan masyarakat harus tunduk dengan nilai-nilai Islam yang difahami oleh pemuka-pemuka agama, pola yang lain juga Agama Islam juga harus tunduk dengan budaya yang berkembang, sehingga terjadi sinergitas, akulturasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat masuk dalam semua lapisan kebudayaan masyarakat”. Ucap LHS

LHS juga menyampaikan bahwa para ulama dalam menafsirkan Al Qur’an selalu beragam, itulah keterbatasan pikiran, manusia sihadapan Allah, maka muncullah keragaman pemahaman nilai Islam selain karena keterbatasan fikiran manusia, selain juga bermacam-macam  kebudayaan yang berkembang di dunia.

Mari dengan berbagai kebudayaan ini akan menjadikan Islam yang rahmatan lil’alamiin ini akan menjadikan suatu perbedaan menjadikan kita dapat saling mengenal antara budaya satu dengan yang lainnya. Pungkasnya bd/bd