Budayakan Bekerja Dengan Hati

Mungkid – ASN agar membudayakan bekerja dengan hati sebagai karakter unggul dalam bekerja. Melalui bekerja dengan hati, seorang ASN akan mampu bekerja dengan baik dan meningkat produktivitasnya karena dalam bekerja tidak saja tidak saja melibatkan kompetensi, tetapi nilai-nilai religius sebagai karakter bekerja yang baik.

Anjuran bekerja dengan hati ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, usai menyerahkan SK Kenaikan Pangkat Periode April 2018, bagi 7 orang Guru, dan 9 JFU pada apel pagi, Jumat 18 Mei 2018 di halaman Kantor Kemenag.

“Untuk menjadi seorang ASN telah melewati proses panjang dan tidak mudah, dengan demikian profesi ASN saat ini harus disyukuri. Sangat disayangkan, jika para ASN kemudian tidak menunjukkan kinerja yang baik,” kata Wafa dalam sambutannya.

Bekerja dengan hati dapat diawali mulai dari hal-hal kecil tetapi membawa dampak yang besar bagi pelayanan. Wafa mencontohkan pentingnya tertib dalam berpakaian dan berpenampilan sebagai seorang ASN misalnya pemakaian lencana Korpri, papan nama, ID Card, cara berpakaian, sampai dengan sepatu.

“Mulailah inovasi dari hal-hal kecil, bagaimana memasang lencana dan nama dengan baik, id card, cara berpakaian, sepatu sudah disemir apa belum. Termasuk untuk para Ibu, apakah make up-nya sesuai atau tidak untuk seorang ASN,” ungkap Wafa.

“Hal sepele seperti papan nama, ini akan memudahkan identitas dalam melayani,” lanjutnya.

Kepada ASN yang baru saja menerima SK Kenaikan Pangkat, Wafa mengajak untuk mensyukuri kenaikan pangkat dengan selalu meningkatkan kinerja.

“Kenaikan pangkat sebagai reward adalah hak ASN di semua jenjang jabatan. Namun demikian, jika hak sudah diterima ada konsekuensinya. Tanggung jawab dalam rangka menyukuri nikmat Allah Swt adalah meningkatkan kerja ASN di semua lini sesuai 5 budaya kerja kita,” kata Wafa.

Wafa menegaskan bahwa integritas yang diwujudkan dalam bekerja disiplin dan penuh dedikasi agar dikedepankan.

“Kedepankan integritas, karena tanpa integritas hasil kinerja kurang baik. Bekerja dengan hati penuh dedikasi baik diawasi atau tidak diawasi oleh atasan, pekerjaan hari itu dapat diselesaikan agar outputnya lebih baik,” lanjutnya.

Meski bulan Ramadhan, pelayanan diharapkan tidak terganggu. Para ASN agar tetap melaksanakan tugas dengan baik agar apa yang didapat berkah dihadapan Allah Swt. (am/sua)