Bulatkan Tekad untuk Melayani Jemaah secara Maksimal

Boyolali – Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Solo 1437H / 2016 M Syaifuddin Zuhri mengukuhkan Satuan Petugas (Satgas) PPIH Debarkasi Solo Masa Pemulangan di Aula Gedung Musdalifah Komplek Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jumat (16/09).
Sebanyak 176 personil satgas akan disiapkan untuk melayani jemaah haji selama masa pemulangan, terpaut cukup jauh jumlah satgas pada masa pemulangan jika dibandingkan dengan masa pemberangkatan yang berjumlah 264 personil, hal ini lebih dikarenakan rasio pekerjaan dan beban kerja relatif tidak seberat dibandingkan pada saat masa pemberangkatan.

Ketua PPIH menyampaikan sekalipun jumlah personil Satgas lebih sedikit jika dibandingkan dengan pada masa pemberangkatan akan tetapi hendaknya masing-masing satgas memiliki semangat dan jiwa untuk melayani jemaah haji.

“Sekalipun jumlahnya tidak sebanyak pada saat masa pemberangkatan, tapi hendaknya tidak menyurutkan semangat para satgas sekalian dalam melayani jemaah haji,” tutur Syaifuddin pada saat memberikan pembinaan kepada satgas dalam pengukuhan satgas.

PPIH mempunyai kewajiban menerima jemaah dari daerah untuk diberangkatkan ke tanah suci, demikian juga dengan usainya prosesi ibadah haji kita akan menerima jemaah haji untuk selanjutnya diserahkan kepada petugas daerah untuk dikembalikan ke kampung halaman masing-masing.
“Alhamdulillah pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, ini tidak lepas dari peran serta Satgas PPIH di embarkasi maupun yang ada di Arab Saudi serta para petugas kloter yang ikut mendampingi jemaah selama ibadah haji. Tanpa terasa baru saja kemarin kita lepas keberangkatan jemaah menuju Tanah Suci dan kini kita akan menerima kembali jemaah haji kembali ke Tanah Air,” lanjut Syaifuddin yang saat ini juga menjabat sebagai Pengganti Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Terakhir, Beliau berharap seluruh satgas dapat melayani jemaah dengan ramah, sabar, tetapi tidak melupakan kecepatan dan ketepatan karena para jemaah umumnya sudah lelah dan letih setelah melaksanakan ibadah haji dan melakukan perjalanan yang panjang. Satgas juga diharapkan bisa menjaga kesehatan sehingga pelayanan terhadap jemaah bisa dilaksanakan dengan lancar, tidak terganggu dengan masalah kesehatan. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah satgas mengetahui dan memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan selalu melakukan koordinasi baik internal maupun dengan bidang terkait. (gt/gt)