Bupati Batang Wihaji Lepas 623 Calon Jamaah Haji

Batang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang tahun ini menggelontorkan Rp 750 juta untuk bantuan subsidi jamaah haji di wilayahnya. Dana dari pos APBD 2018 itu diperuntukkan bagi akomodasi transportasi para jamaah, karena di tahun ini jumlah  jemaah calon haji asal Kabupaten Batang sendiri mencapai 623 jemaah. Jumlah yang banyak itulah yang membuat pemkab harus ikut cawe-cawe membantu kemudahan para tamu Allah itu, demikian disampaikan Bupati Batang Wihaji dalam acara pelepasan  jemaah calon haji pada Senin (9/07) yang lalu di Pendopo Kabupaten Batang.

Wihaji menuturkan,  bantuan subsidi akomodasi transportasi itu cukup membantu meringankan beban pembiayaan yang harus ditanggung mereka. Dengan Rp 750 juta, maka setiap jemaah akan mendapatkan subsidi dari pemerintah daerah sebesar Rp 1.550.000.

” Sejak 2017 telah saya anggarkan melalui APBD mulai menganggarkan untuk membayar akomodasi bus, kalau jemaah haji kita tarik iuran bisa dianggap memberatkan. Karena itu, kita bantu subsidi sebesar Rp 750 juta di tahun ini”, tuturnya

Selain itu dia menyampaiakan terimakasih kepada seluruh instansi terkait baik Kementerian Agama, Kepolisian maupun jajaran Pemerintah daerah yang telah mengawal calon jamaah haji tahun ini sejak dari proses pendaftaran yang begitu lama hingga tiba saat pemberangkatan ini, dia mendoakan semoga calon jamaah haji asal Batang dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan aman dan nyaman sehingga kembali ke  Batang dengan predikat haji Mabrur.

Secara terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang Kudaefah merasa tersanjung dengan kesigapan dan kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Daerah (Pemda), Kemenag maupun institusi yang terkait, sehingga rangkaian persiapan pemberangkatan haji tahun ini dapat berjalan dengan baik.

“Saya merasa tersanjung dengan kesigapan dan kerjasama yang sinergis dari semua  institusi terkait sehngga rangkaian persiapan pemberangkatan  jemaah calon haji Batang tahun ini dapat terlaksana dengan sangat  baik”, ungkapnya.

Adapun jumlah jemaah di Kabupaten Bayang sebanyak 623 jamaah, terdiri dari 302 lak-laki dan 321 perempuan yang terbagi menjadi tiga kelompok terbang ( kloter ), yakni kloter 4, 5, dan 6. Kloter 4 masuk asrama haji Donohudan 16 Juli 2018. Sedangkan kloter 5 dan 6 masuk asrama Haji Donohudan 17 Juli 2018. (Zy/rf)