Bupati Karanganyar : Pembangunan Gedung Pelayanan Haji Tanggung Jawab Saya

Karanganyar – Bersamaan dengan Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Bupati Juliyatmono meletakkan batu pertama (ground breaking) Pembangunan Gedung Pelayanan Haji Satu Atap di halaman depan kantor. Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar ini berjanji akan menyelesaikan pembangunan gedung pelayanan haji sampai selesai.

“Diakui atau tidak, saya ini keluarga besar Kemenag. Saya dibesarkan oleh Kemenag, maka ikut bingah (senang-red) ini ada peletakan batu pertama lan ken ngerampungke ngantek batu yang terakhir. Ini tanggung jawab kulo sampe sempurna saya bangunkan,” kata Juliyatmono yang diiringi applause dari seluruh hadirin.

Ground Breaking Gedung Pelayanan Haji Satu Atap yang dilaksanakan bersamaan dengan Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Farhani, Kepala Kemenag, Musta’in Ahmad, Kapolres, Dandim, Forkompimda, Kepala Kemenag se Eks Karesidenan Surakarta, Pimpinan Ormas Keagamaan dan seluruh jajaran di lingkungan Kankemenag Kabupaten Karanganyar.

Pada kesempatan itu, Bupati Karanganyar tidak lupa memuji kinerja Kemenag yang dirasakan mengalami perkembangan yang sangat baik. Menurutnya, Kemenag mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa dimana hamper semua kegiatan pemerintahan Kemenag menjadi ruhnya.

“Kemenag telah banyak mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa, saya anggep Kemenag Top Top, jauh dari Kemenag yang dulu. Bagus, luar biasa, cepat dan hampir pada kegiatan Pemerintah ikut ambil bagian, ruhnya melalui Kemenag. Jadi apapun yang diminta akan kita penuhi semuanya.” jelas Juliyatmono.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Karanganyar dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelayanan Haji Satu Atap sesungguhnya sudah dimulai sejak bulan Desember 2016, dimana pada saat itu Bapak Bupati melaunching pelayanan terpadu satu atap haji. Dan pada tahun ini rencananya akan dibangun Gedung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada Jemaah Haji.

“Dan atas arahan bapak bupati, Pelayanan Haji dari tahun ke tahun sudah melakukan perbaikan pelayanan. Dan sesuai arahan Bapak Bupati Karanganyar, maka Pelayanan haji untuk tahun ini, kami berniat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, antara lain akan kita bangun gedung pelayanan haji di sebelah kanan bapak/ibu yang saat ini lenggah,” jelas Musta’in.

Saat ini pelayanan haji satu atap di Kemenag Karanganyar dilaksanakan di ruang seksi penyelenggaraan haji dan umrah. Dengan segala keterbatasannya, terdapat petugas Bank yang datang bergantian setiap harinya untuk menerima setoran BPIH dari masyarakat. Dalam rangka meningkatkan pelayanannya, Kepala Kemenag berniat meningkatkan infrastruktur bersama Pemkab untuk kenyamanan masyarakat. (ida-hd/Wul)