Bupati Serahkan Bantuan Baznas Kepada Yatim Piatu

Rembang — Selasa (21/06) kemarin menjadi hari yang istimewa bagi para yatim piatu yang bernaung di Yayasan Darul Aitam Kecamatan Lasem, Rembang. Hal ini lantaran ratusan yatim piatu tersebut kedatangan Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang memberikan tausiyah serta menyerahkan bantuan Baznas Kabupaten Rembang secara langsung kepada mereka.

Acara yang berlangsung dengan meriah tersebut diadakan di Masjid Pancasila Al-Khittoh, Lasem yang berdekatan dengan lokasi panti asuhan. Segenap jajaran Baznas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, KUA Kecamatan Lasem, Camat Lasem beserta jajarannya, Satuan Kerja Pemerintah Daerah Rembang, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, turut diundang dan memenuhi masjid Al-Khittoh.

Dalam tausiyahnya, Bupati memaparkan tentang keistimewaan anak yatim dan orang-orang yang menanggung beban anak yatim. “Dalam sebah hadis Nabi Muhammad Saw dikatakan bahwa Nabi bersama dengan orang-orang yang menanggung beban anak yatim. Nabi mengisyaratkan dengan dua jari beliau. Keduanya akan berada dalam surga yang berdekatan di akhirat nanti,” jelas Bupati.

Hal ini, lanjut Bupati, menunjukkan bahwa anak yatim mempunyai keistimewaan yang sangat luar biasa. “Anak yatim selalu menjadi magnet/daya tarik tersendiri bagi kita semua. Menolong anak yatim, tidak seperti menolong orang biasa. Sehingga dapat dikatakan, anak yatim itu mempunyai keistimewaan yang lebih dari pada kita. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali memandang sebelah mata anak yatim,” sambung Bupati.

Usai tausiyah, Bupati menyerahkan bantuan Baznas secara langsung kepada 50 yatim piatu, dilanjutkan dengan buka bersama dengan seluruh tamu undangan.

Selain di Kecamatan Lasem, Ramadhan ini Baznas Kabupaten Rembang juga menyerahkan bantuan yang sama kepada yatim piatu di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sluke pada Senin (20/6), Kecamatan Kragan (22/6), dan Kecamatan Pancur (23/6). Untuk program ini, Baznas menasurufkan infaq Baznas sebesar Rp 46.200 ribu.

Pada Ramadhan ini, Baznas juga manasarufkan zakat kepada para fakir miskin di 14 Kecamatan se-Kabupaten Rembang . Masing-masing Kecamatan terdiri atas 22 fakir miskin. Mereka menerima zakat sebesar Rp 200 ribu. Selain itu, Baznas juga membagikan 700 paket sembako kepada 700 orang di 14 Kecamatan tersebut.

“Semua dana tersebut merupakan penasarufan zakat dan infaq dan diperoleh selama April-Desember 2015 dan Januari-Maret 2016,” terang Gara Syari’ah Kankemenag Kabupaten Rembang, Tri Mulyani yang juga selaku pengurus Baznas Kabupaten Rembang.

Program penasarufan lainnya yaitu di bidang pendidikan yang diwujudkan dengan pemberian beasiswa kepada dua mahasiswa (masing-masing sebesar Rp 1,5 juta), dan 1.358 siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA di Rembang masing-masing menerima sebesar Rp 200 ribu. – (Shofatus Shodiqoh/gt)