Bupati Sragen Apresiasi Atas Prestasi MAN 1 Sragen

Sragen – MAN 1 Sragen adalah satu diantara sekolah/madrasah yang tua dan berprestasi di Sragen. Dalam usianya yang ke 36 tahun pada 19 September tahun 2017 ini, MAN 1 Sragen semakin mengokohkan diri sebagai sekolah/ madrasah terbaik.

Hal tersebut nampak terlihat begitu meriahnya perayaan ulang tahun madrasah yang berada di Jl. Irian Timur Sragen tersebut. Seperti pada Sabtu (16/09) Bupati Sragen Untung Yuni Sokowati hadir untuk memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih MAN 1 Sragen, termasuk terakhir sebagai juara tingkat provinsi sekolah literasi. Pada hari itu MAN 1 mengadakan acara Antologi Puisi, Bupati Yuni bahkan turut andil dengan membaca puisi sebagai momen semangat menjadikan Sragen sebagai kabupaten literasi yang diterapkan pada siswa MAN 1 Sragen.

Bupati Sragen sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dengan budaya sastra semacam itu akan mampu mengembangkan komunikasi pembangunan.

“Dengan budaya sastra, hal itu akan mampu mengembangkan komunikasi pembangunan bangsa. Sehingga kegiatan dalam tajuk budaya sastra seperti ini akan terus ditingkatkan terutama dengan semangat Sragen sebagai kota literasi,” ujar Yuni.

Kepala MAN 1 Sragen, Sumiran mengungkapkan bahwa antologi puasi sebagai bentuk merangkum karya sastra dari murid maupun guru.

“Dengan kegiatan antologi puisi ini, akan terangkum karya sastra khususnya puisi dari siswa, guru, dan karyawan dan bahkan dari pihak luar madrasah, bahkan bupati Sragen dan ketua DPRD Sragen berkenan memberikan karyanya,” ujar Sumiran dengan bangga.

Sumiran juga menyampaikan bahwa perayaan HUT MAN 1 Sragen tahun ini sangat meriah dengan berbagai kegiatan yang dimulai dengan lomba sains antar madrasah, Kamis – Jumat (15-16 September).

Hari Sabtu (16/09) adalah antologi puisi, hari Minggu diadakan semaan Alquran yang diikuti guru dan siswa MAN 1 Sragen yang dipimpin Ustadzah Nana Syarif Hidayatullah dari PP. Nurulhuda Plosorejo, pada Seninnya diadakan donor darah, warung kreasi dan safety riding dan puncaknya pada Selasa (19/09) diadakan jalan sehat segenap keluarga besar MAN 1 Sragen yang diikuti 1.250 lebih peserta.

“Kegiatan yang kami lakukan memang padat dan meriah sekali, ini untuk semakin menunjukkan eksistensi MAN 1 Sragen sebagai sekolah terbaik,” ungkap Sumiran. (mir/ira1/Wul)