Butuh Kerjasama yang Baik Guna Perlancar Pemberangkatan dan Pemulangan Jama’ah Haji Kota Semarang

Semarang- “Pemberangkatan dan pemulangan haji tahun 2018 sudah terlaksana. Jama’ah haji Kota Semarang sejumlah 1915 orang telah difasilitasi oleh Pemerintah Kota Semarang dengan menggunakan APBD Pemerintah Kota Semarang,” jelas Kabag Kesra Kota Semarang, Joko Ary Santoso di ruang rapat Bagian Kesra Pemerintah Kota Semarang (9/10). Ia selaku pemimpin rapat evaluasi P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji) kali ini juga mengatakan bahwa panitia telah sukses menyelenggarakan pemberangkatan dan pemulangan jama’ah haji Kota Semarang Tahun 2018.

Dalam rakor tersebut, beberapa instansi hadir guna evaluasi kerja panitia, diantaranya Polsek, Dinas Kesehatan, RAPI, Dishub, Koramil, serta Kementerian  Agama Kota Semarang, yang diwakili oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), H. Sumari S. Ag., M.Pd.I.

Diungkapkan oleh Joko Ary Santoso, “Dengan jumlah jamaah yang banyak, memang sangat diperlukan kerja sama yang baik. Pasalnya, peran serta masing masing instansi terkait sangat diperlukan demi suksesnya keberangkatan dan pemulangan jamaah.”

Sementara itu, dari hasil rapat evaluasi kali ini terdapat  1 orang yang gagal berangkat dikarenakan hamil, 4 orang dipulangkan lebih awal dikarenakan sakit, dan 3 jama’ah dinyatakan meninggal di Arab Saudi.

“Sebagai bahan pertimbangan, evaluasi kerja tahun ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan jamaah haji di tahun mendatang agar pelayanannya dapat lebih baik dan lebih maksimal,” harap Joko Ary Santoso menutup rapat evaluasi kali ini. (dk-ed)