Cakra Yudha MAN 1 Surakarta Gelar PTA ( Penerimaan Tamu Ambalan)

Surakarta – Dewan Ambalan Cakra Yudha Gudep 05.411/380 T MAN 1 Surakarta, menghelat kegiatan Kemah PTA ( Penerimaan Tamu Ambalan ), Jum'at – Sabtu (20-21 Juli 2018). Kegiatan rutin Cakra Yudha ini diikuti oleh seluruh siswa baru kelas 10. Kegiatan yang mengambil tema “Menjalin Ukhuwah Bersama Cakra Yudha” ini dibuka oleh  Slamet Budiyono selaku Kepala MAN 1 Surakarta.

Dalam sambutannya, Slamet Budiyono menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kedisiplianan, sebagai ajang kreatifitas, memperluas cakrawala dalam hal kepramukaan.

“Saya berharap seluruh siswa baru bisa mengambil manfaat serta mampu menerapkan jiwa pramuka dalam aktivitas sehari-hari,” kata Slamet.

Selama dua hari seluruh peserta mendapat materi-materi dasar kepramukaan yang di pandu oleh pengurus Cakra Yudha. Disampaikan oleh Agus Nugroho, selaku koordinator pramuka MAN 1 Surakarta, peserta diperkenalkan lagi tentang baris-berbaris, tali-temali, dan yang lainnya.

“Ketrampilan ini sudah diterima di jenjang pendidikan sebelumnya, sehingga kami perkenalkan kembali agar semakin kuat pemahamannya,” papar Agus.

PTA juga menjadi ajang untuk merekrut calon-calon pengurus Cakra Yudha selanjutnya. Setiap tahun selalu muncul pengurus Cakra Yudha yang siap melanjutkan kebesaran nama Cakra Yudha MAN 1 Surakarta.

“Selanjutnya PTA ini sendiri dilaksanakan setelah pelaksanaan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) yang telah dilaksanakan sejak Senin-Rabu (16-18/7/2018). Hal ini sebagai upaya untuk membiasakan siswa dalam mengikuti kegiatan yang terjadwal dan terarah.

Sementara itu menurut salah satu peserta PTA, Dewi, siswi kelas 10 IPA 4, menyatakan sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Dia yang berasal dari SMPIT Nur Hidayah sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang telah dirancang oleh cakra Yudha.

“Saya sejak SMP memang sangat menyukai kegiatan pramuka dan aktif. Karenanya saya berencana akan mendaftar sebagai pengurus Cakra Yudha untuk menyalurkan kesenangan saya di bidang pramuka. Baginya kegiatan pramuka telah membawa akibat positif, terutama dalam hal kedisiplinan serta lebih bersikap dewasa. Selain itu saya juga ingin mengangkat nama Cakra Yudha dalam setiap even kegiatan pramuka nantinya.Semoga keinginan ini bisa tercapai,”kata Dewi di sel-sela kegiatan. (rma/Wul)