Calon Jamaah Haji Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Pemalang – Pemerintah selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji baik sebelum keberangkatan, saat keberangkatan, saat pelaksanaan, sampai kepulangan haji. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah kepada calon jamaah haji sebelum keberangkatan adalah penyelenggaraan bimbingan manasik haji.Dan pada hari ini, Kamis (28/6) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten di Hotel Regina Pemalang. Bimbingan manasik bertujuan memberikan bekal kepada calon jamaah haji tentang manasik haji sehingga diharapkan mampu menjadi jamaah haji mandir.

Wakil Bupati Pemalang, Martono membuka bimbingan manasik haji. Dalam sambutannya, Martono meminta kepada calon jamaah haji mempersiapkan diri untuk mampu dan menguasai ilmu manasik haji secara baik.

“Calon jamaah haji dituntut untuk mampu dan menguasai ilmu manasik haji secara baik dan benar sehingga tidak selalu bergantung terhadap orang lain. Ibadah haji adalah ibadah badaniyah, ibadah fisik. Untuk itu saya sarankan agar para calon jamaah haji selalu menjaga kesehatannya dengan baik,” pesan Wakil Bupati.

Kegiatan pembukaan manasik haji diikuti seluruh calon jamaah haji yang berjumlah 617 jamaah dan petugas haji. Kegiatan turut dihadiri oleh perwakilan Kantor Imigrasi, perwakilan Kodim0711/Pemalang, Kabag Kesra Pemda, Kepala KUA se-Kabupaten Pemalang, pimpinan BPS BPIH, dan pimpinan KBIH se-Kabupaten Pemalang. Selain hari ini, bimbingan manasik haji tingkat kabupaten akan kembali diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2018.

Husin selaku Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam laporannya mengatakan, bimbingan manasik juga akan dilaksanakan di tingkat kecamatan.

“Kegiatan manasik di kecamatan dilaksanakan mulai Sabtu (30/6) sampai dengan Kamis (6/7) di sembilan lokasi kecamatan yaitu Kecamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Comal, Ulujami, Ampelgading, Randudongkal, Moga, dan Belik,” terang Husin.

Disampaikannya, calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Kabupaten Pemalang berjumlah 627 orang, karena ada mutasi masuk dari daerah lain. Calon jamaah haji Kabupaten Pemalang terbagi dalam tiga kloter yaitu 10, 11, dan 12. Semuanya diberangkatkan pada gelombang pertama.

“Kloter 10 sejumlah 104 jamaah masuk Asrama Haji Donohudan pada tanggal 19 Juli 2018 jam 08.00 WIB. Kloter 11 sejumlah 355 jamaah masuk Asrama Haji Donohudan pada tanggal 19 Juli 2018 jam 10.00 WIB. Kloter 12 sejumlah 168 jamaah masuk Asrama Haji Donohudan pada tanggal 19 Juli 2018 jam 13.00 WIB,” katanya.

Hari pertama bimbingan, jamaah mendapatkan materi tentang kebijakan pemerintah terhadap penyelenggaraan ibadah haji yang dibawakan oleh Kepala Kankemenag. Jamaah juga mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. (fi/rf)