Calon Jemaah Haji Kota Tegal Masuk Kloter 55

Tegal – Pemerintah Kota Tegal resmi memberangkatkan 349   calon jamaah haji di musim haji tahun 2017. Calon jamaah haji Kota Tegal yang tergabung dalam kelompok terbang kloter 55 diberangkatkan dengan sepuluh armada bus dan diawali dengan pengibaran bendera start oleh Walikota Tegal, Hj. Siti Masitha Soeparno, Sabtu (12/8) pukul 21.00 dari depan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kompleks Balaikota Tegal Jl. Ki Gede Sebayu Kota Tegal.

Dengan diiringi doa “semoga selamat mulai berangkat dari Kota Tegal dan diberi kelancaran dalam menunaikan rangkaian ibadah haji serta kembali ke tanah air dengan lengkap dan menyandang haji yang mabrur dan mabruroh. Allohuakbar…Allohuakbar,” kata Walikota lantang.

Sebelum pemberangkatan digelar upacara pelepasan yang diawali laporan TPHD Kota Tegal R. Supriyatna kepada Walikota Tegal bahwa  calon jamaah haji Kota Tegal siap diberangkatkan. Kemudian dikumandangkan Adzan dan Iqomat serta dilanjut dengan doa bersama di depan Kantor BKD Kota Tegal.

Kepedulian dari Pemerintah Kota Tegal, selain menyediakan 10 armada bus untuk mengangkut jamaah dan tiga buah truk untuk mengangkat koper para jamaah, rombongan menuju Asrama Haji Donohudan Solo juga di iringi langsung oleh Walikota Tegal, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Tegal, Bagian Kesejahteran Sosial Setda Kota Tegal, Kemenag Kota Tegal, Satpol PP dan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan, serta di dikawal oleh petugas dari Polresta Tegal.

Jamaah haji transit di daerah Kendal (Rumah makan salsabil) untuk melakukan ibadah sholat malam sekaligus makan malam. Tepat pukul 02.00 WIB jama’ah diberangkatkan dari Rumah makan Salsabil dan langsung menuju Asrama Haji Donohudan Solo, begitu sampai Asrama jamaah langsung menuju masjid untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah dan sekitar pukul 06.00 WIB langsung memasuki gedung jeddah untuk melakukan cek kesehatan terakhir dan pemeriksaan paspor.

Setelah selesai pemeriksaan, Walikota menyempatkan untuk mengunjungi jamaah di gedung jeddah sekaligus serah terima calon jamaah haji Kota Tegal kepada Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH).

Ia berpesan agar seluruh jamaah calon haji Kota Tegal untuk mengutamakan Ibadah, menjaga kekompakan, latihan kesabaran mulai dari sekarang saat calon jamaah haji berada di Asrama Haji Donohudan Solo, lebih-lebih lagi di Tanah Suci, “ Pesan Walikota

“Saya ikut mendoakan seluruh  calon jamaah haji agar selalu diberi kesehatan, kelancaran, tanpa kendala apapun, baik selama perjalanan lewat udara maupun perjalanan darat sesampai di Arab Saudi,” doa Walikota Tegal saat serah terima  calon jamaah haji Kota Tegal kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo. (IM/rf)