Hantar Lulusan Kelas XII dengan Khotmil Quran

Banjarnegara – Usai prosesi pelepasan kelas XII, MAN 1 Banjarnegara menghantarkan siswa-siswi lulusan madrasah tersebut dengan Khotmil Qur’an, sebagai peserta adalah para hafidz-hafidzah MAN 1 Banjarnegara dan dihadiri oleh beberapa perwakilan aktifis madrasah dari OSIM, ROHIS, Pramuka, PMR dan juga orang tua peserta khotmil Qur’an (25/5).

Rangkaian acara khotmil quran dimulai sekitar pukul sembilan pagi dengan dibuka surah al-fatihah dilanjutkan membaca Surah Ad-Dhuha sampai dengan surah An-Nas, dalam setiap jeda surah disisipi dengan bacaan takbir, tasbih, tahmid dan tahlil, khotmil quran diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah satu peserta, Hanif Al Fito.

Dalam sambutanya, Sunaryo selaku kepala MAN 1 Banjarnegara menyampaikan pentingnya mengantarkan peserta didik untuk bisa mempelajari dan menghafalkan Al-Quran. “Semoga dengan khotmil quran ini membawa keberkahan untuk segenap warga Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarnegara. Dan terkhusus untuk anak-anakku kelas XII yang akan memulai jenjang baru pada kehidupan mereka selepas dari madrasah ini,” harapnya.

“Acara demi acara berlangsung dengan khidmat dan lancar, kekompakan memperlihatkan keseriusan proses latihan yang mereka tempuh semenjak Ramadhan,” tutur Laely selaku pendamping acara

“mereka berlatih dengan penuh semangat meskipun saat itu berpuasa tapi tidak menghalangi niat mereka untuk tetap berlatih,” imbuhnya.

Kegiatan Khotmil quran ditutup dengan pembacaan doa dengan diiringi lagu Allahummarhamna bil quran yang dilantunkan oleh seluruh peserta khotmil quran dan juga segenap tamu undangan yang ada. (lan/ak)