Campus Expo, Langkah Awal Jejak Perguruan Tinggi

Surakarta РMenjadi impian setiap siswa bisa diterima di Perguruan Tinggi (PT) yang diidam-idamkan. Karena salah satu tujuan siswa menyelesaikan studi tiga tahun di madrasah adalah bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang diinginkan. Namun kadang siswa belum memiliki gambaran ke mana akan melanjutkan. Salah satunya adalah kurangnya informasi tentang Perguruan Tinggi  yang diinginkan.

Berawal dari latar belakang inilah, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, menggelar acara bertajuk “Campus Expo 2019” bertempat di aula bawah MAN 1 Surakarta, Sabtu (26/01).

Menurut Agus Dwi Prasetyo, selaku pembina OSIS MAN 1 Surakarta, menyatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 12.

“Mengangkat tema A Bridge to Brighter Future kami berharap campus expo menjadi awal bagi siswa untuk menentukan langkah kemana akan melanjutkan kuliah. Karena ada banyak perguruan tinggi yang hadir untuk memberikan informasi seputar masuk perguruan tinggi yang bersangkutan,” kata Agus.

Perguruan tinggi yang hadir, lanjut Agus, berasal dari perguruan tinggi yang terdiri dari tiga kategori yaitu perguruan tinggi negeri, swasta, dan kedinasan, diantaranya UMS, BSI, Sanata Darma, Alma Ata, UNIBA, STAN, STTN, STMKG, Poltekkes Semarang, Poltekkes Surakarta, API. Selanjutnya adalah UGM, UNS, UNDIP, UNNES, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga, UAIN Surakarta, IAIN Salatiga, UNTIDAR, ITS, UIN Walisongo, UNY, dan Universitas Brawijaya.

Slamet Budiyono, selaku kepala MAN 1 Surakarta, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini.

“Saya berharap siswa mendapat informasi dan gambaran yang lengkap seputar perguruan tinggi sebagai dasar untuk menentukan langkah selanjutnya. Sehingga keberhasilan acara hari ini bisa dilihat dari berapa besar siswa yang diterima di UNS, UGM, Undip, Unnes, dan yang lainnya. Artinya siswa memang mencari informasi seluas-luasnya tentang perguruan tinggi yang diimpikan,” kata Slamet Budiyono.

Dalam acara ini tiap-tiap wakil perguruan tinggi membuka stand-stand yang menyediakan info berupa seleksi masuk, materi ujian, biaya kuliah dan sebagainya. Sebelumnya siswa mendapat wawasan seputar lolos perguruan tinggi dari Siswandi, alumni fakultas pertanian UNS, yang pernah meraih prestasi nasional dan internasional sebagai upaya untuk menambah semangat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka. (rusdi_rma/gt)