Ciptakan Kegiatan Kreatif yang Bisa Dilihat Masyarakat

Purbalingga – Sebanyak 125 guru RA/ BA-MI di lingkungan PPAI Kecamatan Bojongsari mengikuti kegiatan Pembinaan Guru yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Bojongsari. Kegiatan yang berlangsung sehari ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Kajongan, Kamis (29/03). Kegiatan yang didukung Pengawas RA /BA-MI serta pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Kecamatan Bojongsari ini mendapat perhatian Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Sudiono.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Bojongsari, Afif Yulianto menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempererat jalinan silaturahmi antar guru dalam rangka mempersiapkan guru-guru yang cerdas dan profesional,” jelas Afif.

Pengawas  RA/ BA-MI, Suriyah mengajak seluruh peserta untuk menjadi teladan bagi para peserta didik di lingkungannya.

“Saya mengajak Bapak/ Ibu untuk menjadi guru yang baik, dan harus bisa menjadi contoh bagi para peserta didik di lingkungannya masing-masing dalam rangka pembentukan karakter peserta didik sejak dini,” ungkap Suriyah.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Kasi Pendidikan Madrasah yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Selain itu ia juga berpesan agar para guru dapat melaksanakan tugas sesuai tupoksinya sebagai guru.

Kegiatan Kreatif

Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono menekankan agar para guru madrasah terus berupaya dan menjaga semangat serta kesabaran tanpa batas agar dapat menjadikan madrasah yang hebat dan bermartabat.

“Ada 3 hal yang perlu dilakukan melalui pendekatan esensialisme,” ungkapnya.

Hal pertama, lanjutnya, adalah disiplin kepala dan guru sebagai teladan peserta didik. Guru harus hadir lebih awal untuk menyambut siswa dengan penuh senyuman. Kedua, menghindarkan terjadinya jam kosong atau kekosongan guru dalam sebuah sebuah proses pembelajaran. Ketiga, buatlah kegiatan  kreatif yang bisa dilihat masyarakat. (sar/gt)