Ciptakan Pilkada Yang Aman dan Damai

Rembang – Pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan digelar pada Rabu, 27 Juni mendatang. Masyarakat Rembang diminta untuk menentukan pilihan dan mencoblos dengan tenang dan damai. Jika ada perbedaan pandangan, maka tak perlu dijadikan alasan untuk berseteru.

Demikian mengemuka dalam Tablig Akbar dan Doa Bersama menjelang Pilkada yang diadakan oleh Polres Rembang, tadi malam (24/6/2018) di halaman Polres Rembang. Hadir dalam acara tersebut Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso, bersama Forkompimda Rembang , Kasubdit Polmas Polda Jawa Tengah AKBP Muhammad Toha, Kapolres se-Eks Karisidenan Pati, Kepala Kankemenag Rembang, Atho’illah, Ketua PCNU Rembang, Pimpinan Muhammadyah Rembang, Ketua PWI, Ketua FKUB, Komisioner KPU Rembang, Waka Polres Rembang, serta undangan lainnya.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 1.500 orang ini menghadirkan pembicara KH Maemun Zubair dan KH Mustofa Bisri. Namun Mbah Mun berhalangan hadir. Dalam tausiyahnya, Gus Mus menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada hari H.

Gus Mus mengatakan, pilkada merupakan pesta demokrasi. Kita boleh senang pada satu calon, tapi jangan terlalu senang berlebihan sebab itu tidak baik. ”Pilkada merupakan pesta demokrasi. Dalam pesta kita boleh senang pada satu calon. Tapi jangan berlebihan sebab hal itu tak baik,” ujarnya.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah mengimbau kepada ASN Kemenag untuk menggunakan hak pilihnya. Sementara kepada masyarakat luas, pihaknya mengimbau untuk menyikapi perbedaan dengan tenang.

“Perbedaan itu wajar. Jika memilih calon yang berbeda, jangan dijadikan alasan untuk berseteru dan gontok-gontokan. Apalagi sampai berlarut-larut,” serunya.

Sementara Kapolres Rembang kepada seluruh personil Polres Rembang untuk bersikap netral dan tidak memihak salah satu pasangan calon. “Tugas kita yaitu melakukan pengamanan,” tandasnya.

Ia berharap, pencoblosan Pilkada Gubernur Jawa Tengah besok lusa dapat berjalan dengan aman dan lancar imbuh Kapolres Rembang. — iq/bd