Dakwah PAIF KOTA Magelang Melalui Radio Magelang FM

Kota Magelang – Penyuluh Agama Islam, selain berfungsi sebagai pentransfer ilmu pengetahuan juga merupakan pendidik yang memberikan pencerahan di bidang keagamaan Islam dengan sasaran yang tanpa batas kepada masyarakat muslim. Meskipun eksistensinya mulai tergeser oleh hadirnya televisi, media massa cetak maupun media massa online, hingga kini radio tetap menjadi salah satu pilihan dalam penyeberluasan informasi yang efektif. Radio memiliki kekuatan menyuarakan informasi dengan lebih cepat dan jangkauan lebih luas.

Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melalui seksi Bimas Islam telah lebih dari 5 tahun menjalin kerjasama penyiaran dakwah keagamaan dengan Radio Magelang FM.  Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang baik PNS maupun non PNS secara rutin telah terjadwal memberikan ceramah  off air bagi masyarakat muslim di Kota Magelang dalam program Cahaya Iman . Kerjasama sama ini bertujuan untuk membina umat, mencerahkan umat, menambah khazanah ilmu dan juga media untuk menyampaikan informasi ataupun kebijakan pemerintah di bidang keagamaan Islam. 

Shanti Maharanti Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Magelang sebelum melakukan rekaman rutinnya mengatakan “Meskipun tidak semenarik dulu, radio tetap mempunyai pangsa pasar dan penggemarnya sendiri. Sayang jika radio tidak kita manfaatkan secara maksimal untuk berdakwah. Walaupun tidak bertatap muka secara langsung, tetapi peran radio sebagai media sosial masih efektif untuk dipergunakan para penyuluh agama dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dan juga untuk meningkatkan profesionalitasnya,” tutur Shanti.

Pada kesempatan  rekaman dibulan romadhon tema yang disajikan motivasi dalam menjalankan ibadah ramadhan disiarkan tiap pagi pukul 05.00-06.00. Dakwah melalui radio masih dipandang cocok untuk masyarakat muslim Kota Magelang.  Semoga   program Cahaya Iman di radio Magelang FM berperan efektif membina umat dalam meningkatkan kualitas iman dan taqwanya serta meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama. Disamping itu juga agar maasyarakat Kota Magelang merasakan manfaat atas peran Kementerian Agama Kota Magelang di bidang keagamaan. (Shanti/HS)