Pemenag Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai kementerian/lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan melakukan pembinaan terhadap madrasah di wilayah Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan pada madrasah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta pengelola/pimpinan madrasah.

Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah, Moch. Moe’izzoeddin menuturkan bahwa Penyelenggaraan Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang telah dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2016 lalu merupakan langkah Kanwil Kemenag Jateng dalam upaya mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah dalam melaksanakan tugas selain juga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugas.

Kegiatan kompetisi ini, lanjut Moe’izzoeddin dilaksanakan dalam beberapa tahap sejak bulan Mei lalu yang dimulai dari verifikasi terhadap dokumen pendaftaran, penilaian dokumen portofolio dan karya ilmiah hingga seleksi final kompetisi melalui presentasi peserta pada 18 – 21 Agustus 2016 di Grand Wahid Hotel Salatiga.

“Pada tahap awal, kompetisi ini diikuti 72 peserta hingga akhirnya diperoleh 63 peserta yang lolos maju ke tahap final,” jelas Moe’izzoeddin.

Seleksi tahap akhir yaitu presentasi peserta terhadap hasil karya ilmiahnya di hadapan dewan Juri para akademisi dari empat Perguruan Tinggi yaitu UIN Walisongo Semarang, UNWAHAS, UNNES, dan UIN Surakarta. Dari seleksi tahap akhir diperoleh hasil pemenang juara I-III untuk kategori Guru Berprestasi (RA,MI, MTs dan MA), Kepala Berprestasi (RA,MI, MTs dan MA), dan Pengawas  Madrasah Berprestasi. Para pemenang pada setiap kategori mendapatkan tropi dan uang pembinaan masing-masing sebesar 3 juta (juara I), 2,5 juta (juara II) dan 2 juta (juara III).

Berikut ini adalah para pemenang/juara pertama Kompetisi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tahun 2016: Suprihatin, RA Al-Fatah 2 Danakerta Kab. Banjarnegara (Juara I/ Guru RA); Khasbi Istanto, MI Ma’arif NU 2 Tangkisan Kab. Purbalingga (Juara I/ Guru MI); Supriyo, MTsN Bener Kab. Purworejo (Juara I/ Guru MTs); Ameliasari Tauresia Kesuma, MAN Salatiga Kota Salatiga (Juara I/ Guru MA); Rina Wibowo, RA Al-Mabrur Kab. Sukoharjo (Juara I/ Kepala RA); Mutomimah, MIN Jungpasir Kab. Demak (Juara I/ Kepala MI); Sumardi, MTs Maslakul Huda Kab. Rembang (Juara I/ Kepala MTs); Ali Sodiqin, MA NU 01 Banyuputih Kab. Batang (Juara I/ Kepala MA); Muslimin, Kankemenag Kab. Pekalongan (Juara I/ Pengawas). Para pemenang juara I akan berkesempatan mengikuti kompetisi yang sama di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada bulan Oktober mendatang.

Untuk hasil lengkap serta SK Penetapan Penerima Penghargaan Pemenag Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 dapat dilihat di link berikut. [asyiq/gt]