Dalam Masa Pandemi, Bimbingan Manasik Haji Secara Daring

Sragen (PHU) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sragen mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun adalah agar calon jemaah haji dapat memahami tentang ilmu manasik haji.

“Tujuan kegiatan ini yaitu calon jemaah haji bisa memahami tentang ilmu manasik haji,” ujar Hanif Hanani, Senin, (10/05).

“Yang kedua, yaitu agar pelaksanaan haji dapat berjalan secara lancar dan selamat,” tambahnya.

“Dalam kondisi seperti ini, maka menjadi suatu keniscayaan daring atau online tanpa tatap muka dilakukan karena di Kabupaten Sragen masih ada kasus Covid 19,” urai Hanif.

Hanif menerangkan via Zoom Meeting yang diikuti unsur dari Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam, Pimpinan KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah) serta jemaah haji bahwa kegiatan dilaksanakan secara daring dikarenakan masih dalam situasi pandemic Covid-19.

“Bahwa nantinya yang akan ditanyakan terkait ibadahnya maka kesempurnaan haji menjadi poin penting yaitu lebih khusus dalam hal pemahaman manasik hajinya,” katanya.

“Makanya kami mengadakan manasik sepanjang tahun yang boleh diikuti angkatan haji tahun berapapun, apalagi dengan zoom meeting sehingga semua dapat mengikuti dengan mudah,” ucap Hanif.

Hanif mengatakan bahwa kegiatan Bimbingan Manasik haji Sepanjang Tahun yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Sragen telah berjalan selama 49 pertemuan. Yang dilaksanakan setiap hari kerja mulai hari Senin sampai dengan Jum’at dengan durasi 1 sampai 2 jam tiap pertemuan.

“Semula kami agak pesimis dengan kegiatan online ini, saya menyangka maaf jemaah haji tidak faham terkait perkembangan IT, ternyata setelah kita kita evaluasi terhadap kegiatan bimbingan manasik haji ini ternyata sebagian besar jemaah haji faham terkait dengan perkembangan IT,” papar Hanif.

“Kalau seluruh jemaah faham dengan perkembangan IT, ini memudahkan nanti saat pelaksanaan ibadah haji, memudahkan nanti saat disana jemaah memanfaatkann teknologi seperti melakukan video call dengan keluarga di tanah air tidak lagi dengan menelefon seperti tahun dulu,” tambahnya.

Hanif juga menjelaskan bahwa kegiatan Bimbingan Manasik Sepanjang Tahun yang dilaksanakan secara online ini akan dilanjutkan setelah lebaran. “Nantinya kegiatan ini akan dilanjutkan setelah hari raya, dan semoga Covid-19 segera berakhir dan kita dapat melaksanakan kegiatan manasik secara tatap muka,” harap Hanif.(vd/Sua).