Dalam Suasana Hangat, Asisten 1 Terima Kunjungan Tim Survei Kanwil Kemenag Jateng ke Sofifi Maluku Utara

Ternate (Penaisdayazawa) – Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov.  Maluku Utara, Idham Umasangadji beserta Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik,  Abuhari Hamzah menerima kedatangan tim survei dari Kanwil Kemenag Jateng yang dipimpin Nining Indrawati di Sekretariat Panitia Daerah STQ Nasional XXVI Tahun 2021, Rabu (15/09/2021).

Kehadiran tim survei selama empat hari, pada Senin – Kamis (13-16/9/21) bertujuan untuk meninjau secara langsung situasi dan kondisi lokasi kegiatan STQ Nasional XXVI di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, sehingga saat kafilah Jateng tiba di Sofifi tidak menemukan kendala yang berarti.

Sejumlah upaya terus dilakukan Panitia Daerah untuk menyiapkan venue (arena) dan fasilitas penginapan bagi para kafilah dari 34 Provinsi yang jumlahnya mencapai 1.300 orang. Salah satunya ialah dengan mempercepat penyediaan fasilitas penginapan para kafilah yang menempati rumah dinas ASN Pemprov. Maluku Utara serta venue yang akan digunakan dalam kegiatan STQ Nasional nanti.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Idham Umasangadji menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim survei dari Jateng atas temu silaturahmi yang dirangkai dengan diskusi, survei lapangan serta jamuan makan siang bersama di Kota Ternate nan mempesona, karena dikelilingi hamparan laut yang biru dan jernih.

“Kami ucapkan ribuan terimakasih atas kehadiran tim survei dari Jateng ke Sofifi, karena dapat merekatkan silaturahmi serta dapat mengetahui situasi dan kondisi yang ada di Sofifi, kami juga berharap Pak Ganjar bisa hadir disini karena beliau sangat viral di Maluku Utara,” ujar Idham disambut tawa para hadirin.

Lebih lanjut Idham mengatakan, kedatangan tim survei dari Jateng adalah yang kesembilan setelah tim survei dari Provinsi lain datang terlebih dulu beberapa waktu lalu.

Sementara itu koordinator tim penghubung/LO (Liaison officer) Syahruddin, dari Biro Umum Pemprov Maluku Utara, menyatakan pihaknya berupaya akan memberikan pelayanan terbaik untuk kafilah Jawa Tengah selama berada di Maluku Utara.

“Kami sebagai tim penghubung yang ditunjuk oleh Panitia Daerah STQ Nasional akan berupaya memberikan yang terbaik dalam melayani kafilah STQ Nasional dari Jawa Tengah, bahkan kami siap melayani kafilah Jawa Tengah sejak dari kedatangan tim survei.” tegas Syahruddin yang biasa dipanggil Budi.

Penyambutan tim penghubung atau biasa disebut LO (Liaison officer) pada STQ Nasional kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau dulu LO mulai bekerja hanya pada saat kafilah tiba di bandara, tapi kali ini LO sudah bekerja sejak tim survei tiba di bandara.

Meski awalnya sempat hawatir karena sinyal di HP tidak muncul, karena ternyata di Ternate hanya kartu dari provider tertentu yang bisa digunakan, tapi saat tim survei tiba di Bandara Babullah Ternate, Nining selaku ketua tim mengungkapkan kekagumannya atas sambutan luar biasa tim LO dari Biro Umum Pemprov. Maluku Utara.

“Ketika tim survei keluar dari bandara Babullah, kami telah disambut oleh tim LO dengan penyambutan yang luar biasa dan penuh kehangatan serta dipandu untuk melakukan survei lokasi STQ Nasional, bahkan kami difasilitasi untuk melakukan tes Swab Antigen,” ujar Nining.

Dari Bandara Babullah tim diantar menuju Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara untuk beramah tamah dengan pejabat di Kanwil Kemenag Maluku Utara. Kemudian tim survei diterima Panitia Daerah untuk berdiskusi di skretariat, dilanjutkan survei lokasi venue dan penginapan kafilah. Setelah sekian lama berkeliling, tim survei kembali ke Ternate dengan menggunakan speed boat .

Saat tiba di Ternate tim survei disambut Ade Wangsa, Kabag rumah tangga Gubernur untuk menikmati makan siang dan dilanjutkan survei hotel di Ternate. Begitu tiba di Hotel Sahid Bella rupanya tim survei sudah ditunggu Lestari, Kabag Protokol Pemprov. Maluku Utara dan berbincang-bincang sejenak. Esok harinya tim diantar pulang ke Bandara Babullah oleh koordinator LO untuk bertolak menuju Semarang.

Sejauh pengamatan tim survei, lokasi kegiatan sudah dalam penyiapan secara maksimal.dan berharap akan selesai tepat waktu, sehingga pelaksanaan STQ Nasional XXVI yang rencananya akan dibuka Presiden Jokowi sekaligus meresmikan Masjid Raya Sofifi Maluku Utara, berjalan dengan lancar dan sukses. (Aby/qq)