Data kunci dalam pengambilan kebijakan

Semarang – Sub Bagian Informasi dan hubungan Masyarakat pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan lumbung data bagi semua unit kerja di lingkungan Jawa Tengah, merasa perlu untuk mengumpulkan dan selanjutnya mengolah semua data yang bersumber dari bidang dan bimas baik data agama, pendidikan maupun kekuatan pegawai jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Langkah awal telah ditempuh melalui kegiatan Sinkronisasi Data Agama dan keagamaan tahun 2015 yang dilaksanakan di Hotel Muria Semarang pada tanggal 12-14 November 2015 lalu, fase-fase sinkronisasi, kemudian dilanjut dengan verifikasi dan validasi data telah dilaksakan. Langkah akhir dengan finalisasi data yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium Gedung A Kanwil selama sehari penuh (24/11) harapannya akan terwujud data final bagi jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng sebagai data publik ungkap Kepala Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Badrus Salam.

“Mari kita wujudkan pengelolaan data yang riil, akurat dan terkini serta final sebagai data publik bagi kita seluruh jajaran Kementerian Agama se-Jawa Tengah, sehingga tidak muncul lagi perbedaan data yang keluar dari Kemenag khususnya di Jawa Tengah,” tegas Badrus Salam saat memberikan penekanan dalam Rapat Koordinasi Finalisasi Data Agama dan Keagamaan tahun 2015 dihadapan tim Pengelola Data Kemenag Jateng.

Harapannya pengelolaan data di lingkungan Kementerian Agama semakin baik, dukungan kebijakan maupun penganggaran khusus dalam pengelolaan data semakin menjadi perhatian, sehingga pada saat para pengambil keputusan harus menentukan kebijakan dalam hal keagamaan, mereka mampu berbicara dengan obyektif dan akurat karena didukung dengan data yang tepat.

Badrus menambahkan bahwa, “Kita berharap data yang telah kita susun bersama akan menjadi rujukan dalam penyusunan perencanaan di lingkungan Kemenag Prov. Jateng, serta menjadi penentu bagi Goodwill dalam pengambilan kebijakan.” (lisur)