Dengan Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2018, Tingkatkan Semangat Para Generasi Muda

Wonogiri –  Upacara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 28 oktober tahun 2018 telah di laksanakan di Lapangan Giri Krida Bhakti Kab. Wonogiri.  Bertindak sebagai Inspektur Bupati Wonogiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Wonogiri, ketua DPRD dan jajaran Forkompinda, Sekda, Kepala OPD, Tokoh masyarakat agama dan keopemudaandi  Kab. Wonogiri, Senin (29/10).

Peringatan hari sumpah pemuda yang ke-90 ini mengangkat tema ”Bangun Pemuda, Satukan Indonesia “. Dalam amanat yang dibacakan Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan bahwa Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.

Tentunya kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia.

Ka. Kankemenag Wongiri, H. Subadi  berharap dengan hari sumpah pemuda tahun ini, marilah kita selalu semangat untuk memajukan bangsa khususnya kepada dilingkungan Kemenag Kab. Wonogiri, pelajar yang berada dibawah naungan Kemenag Wonogiri dengan cara selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknnya dan dapat melayani masyarakat dengan ikhlas kepada masyarakat, jauhi hal yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain serta bangsa negara.

Sesuai dengan tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Menurut nya tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan meningkatkan semangat belajar para pemuda, mampu melahirkan para generasi pemimpin yang bertanggung jawab, para pemuda generasi masa depan mampu menjadi para pemimpin yang dapat memimpin Indonesia menjadi lebih baik,” harap Subadi.

H. Subadi menuturkan bahwa, Indonesia memiliki banyak pemuda yang mempunyai banyak potensi. Menurutnya, jika para pemuda memiliki rasa cinta air yang tinggi maka Indonesia akan jauh lebih maju.

“Seperti apa yang dikatakan oleh presiden pertama Republik Indonesia yaitu bapak Ir. Soekarno 'Bawakan aku sepuluh pemuda maka akan ku ubah dunia', itu artinya peranan pemuda dalam membangun NKRI sangatlah penting. Dipundak para pemuda lah masa depan negara ini. Jika pemudanya baik maka baik pula masa depan Indonesia, akan tetapi sebaliknya jika generasi mudanya hancur maka hancur pula masa depan Indonesia, ” pungkasnya. (Mursyid/heri/rf)