Desakralisasi Pernikahan, Kemenag Renovasi KUA.

Banjarnegara – Akhir tahun 2018 memilik arti bermacam-macam, tidak terkecuali KUA Kecamatan di Wilayah Banjarnegara. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menandatangai prasasti pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji untuk KUA Karangkobar dan Banjarmangu. Hari ini (31/12) di Aula Kanto Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, H. Farhani, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah penandatanganan dilaksanakan di Aula Kanwil berjumlah 24 Prasasti Gedung Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji yang berasal dari Prov. Jateng dan DIY.

“Angka perceraian grafiknya meningkat, dan di kalangan anak muda pemaknaan pernikahan mengalami degradasi, desakralisasi pernikahan. Inilah perlunya KUA harus menjadi tempat bimbingan pranikah yang representtif. Untuk itu kita telah lakukan renovasi besar-besaran pada KUA kita, dan hari ini kita resmikan 24 Gedung Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji,” ucap Lukman.

Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji Kabupaten/ Kota yang di biayai melalui dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) Anggaran tahun 2018. Menag Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan lebih dengan terbangunnya gedung ini mampu meningkatkan pelayanan yang prima yang terkait dengan 2 hal, yakni: Pelayanan Nikah dan Pelayanan Haji.(Nangim/Sua)