Dharma Wanita, Motivator Pendukung Kinerja Suami

Klaten – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Supartini Masmin Afif mengingatkan jajarannya untuk menjalankan peran pentingnya sebagai motivator pendukung kinerja suami yang sebagai ASN di Kementerian Agama. Demikian yang disampaikan beliau dalam kegiatan Rakor Pembentukan pengurus antar waktu DWP Kemenag Klaten RM Pondok Roso Rowo Jombor Klaten, yang diikuti oleh seluruh pengurus DWP, Rabu (17/1).

Menurut Supartini, ibu DWP harus senantiasa menjadi pendukung dan menjaga kinerja suami yang notabene merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama. Berperan besar dalam memberikan motivasi terhadap suami yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten. Apresiasi yang tinggi kepada anggota DWP dalam melaksanakan kegiatan dan program yang dibuat.

"Untuk itu, kaum ibu juga harus paham dengan tanggung jawab suaminya sebagai aparat negara, terlebih dalam mengimplementasikan 5 nilai budaya kerja, yaitu: integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Dari situ, para suami diharapkan dapat menjadi pegawai yang bertanggungjawab dan menjadi teladan bagi masyarakat," harapnya.

Supartini juga mengajak seluruh anggota untuk mempererat silaturahmi antar sesama anggota. "Mari kita saling memberi, saling mengisi, saling melengkapi dan saling menutupi kekurangan sesama kita agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dalam sambutannya mengatakan bahwa selain memiliki tugas sebagai pendamping dan pemberi dukungan kepada suami, pada dasarnya anggota DWP juga mempunyai kewajiban untuk turut mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"DWP Kemenag Klaten diharapkan dapat meningkatkan program dan kegiatan yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas kehidupan keluarga, dan melibatkan komponen masyarakat dalam kegiatan-kegiatan sosial," pesan Masmin.

Seiring tantangan kehidupan yang semakin kompleks, menurut Masmin, peran anggota DWP dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia berbasis iman, takwa, moralitas, dan profesional harus dapat diwujudkan dalam bentuk yang nyata. Semoga pengurus DWP yang baru akan lebih baik lagi, dengan perencanaan awal dan program-program baru diharapkan akan lebih memberikan manfaat bagi semuannya.(aj/Wul)