Pencanangan Bina Muallaf Kecamatan Pringsurat

Temanggung – Bimas Islam Kemenag Kabupaten Temanggung melalui Pokjaluh Kabupaten Temanggung mencanangkan program bina muallaf. Program ini bertujuan untuk penguatan pengamalan agama dan ketrampilan  bagi muallaf. Pencanangan kegiatan ini dilaksanakan di masjid Sirotul Jannah Ngadiroso Desa Wonokerso Kecamatan Pringsurat, Rabu (05/04). Kegiatan ini dihadiri Kasi Bimas Islam mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, Kepala KUA Kecamatan Pringsurat, Camat Pringsurat yang diwakili Kasi Trantib, FKPAI Kecamatan Pringsurat, Sekdes Wonokerso, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Wujud program ini berupa pembentukan majlis taklim muallaf Miftakhul Jannah, pertemuan diadakan setiap Selasa Pon dan Jum’at Kliwon.  Agenda pertemuan berupa penguatan pengamalan agama dan ketrampilan.
Dalam kegiatan pencanangan ini, diserahkan dana hibah untuk majlis taklim Miftakhul Jannah sebesar  Rp 4.000.000  sebagai kas pemberdayaan majlis. Dana tersebut bersumber dari infaq Pokjaluh Temanggung. Penyerahan dana dilakukan oleh Kasi Bimas Islam, Thowaf sebagai simbol pencanangan program.

Kasi Bimas Islam, Thowaf setelah menyerahkan dana hibah mengatakan, pembinaan muallaf menjadi sangat penting karena mereka harus terus menerus mendapatkan penguatan keimanan dan keislaman. “Para muallaf harus mendapatkan banyak pembinaan karena mereka baru memeluk agama Islam,” ujar Thowaf.
Pembinaan, lanjutnya, misalnya dilakukan dengan menggelar dialog atau pengajian agama. Selain itu, pembinaan juga bisa dilakukan melalui silaturahmi atau pertemuan secara rutin.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut, Kepala KUA Kecamatan Pringsurat, Eko Widodo  di hadapan para muallaf menyatakan sangat mendukung keberlangsungan program dan berharap melalui program ini kualitas muallaf semakin meningkat.
Eko Widodo juga berharap “pemerintah daerah setempat untuk memberikan perhatian bagi para muallaf. Perhatian tidak hanya dalam hal pembinaan keagamaan, namun juga dalam hal kesejahteraan warga, misalnya dengan bantuan modal usaha atau bantuan lainnya,” pungkasnya.(sr/Af)