DiSeminasi Pelayanan Haji di Arab Saudi

Dirjen PHU Kemenag RI melaksanakan Diseminasi Pelayanan Haji di Brebes

Brebes, Direktorat  Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia mengadakan kegiatan Diseminasi Pelayanan Haji di Arab Saudi bertempat Di Aula Gedung PLHUT Kantor Kemeneg Brebes, pada Rabu. 13/10/2021.  

Hadir dalam kegiatan ini peserta 45 orang terdiri atas pejabat di lingkungan Kankemenag Brebes, Ketua IPHI Kab. Brebes, Ketua Forum Komunikasi KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah)  Kab. Brebes dan KBIHU-KBIHU resmi yang ada di Brebes serta Ketua PC. NU dan Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Brebes serta M. Ali Zakiyudin selaku Kasubdit Akomodasi Dirjen PHU Kemenag RI dan  tim.

“Melalui kegiatan Diseminasi ini, diharapkan informasi layanan di Saudi akan tersampaikan ke seluruh peserta yang mayoritas berasal dari KBIHU dan dari KBIHU ini dapat menyampaikan kembali kepada calon jamaahnya sehingga mereka mengetahui layanan yang akan diterima dan berikan ketikan menjalankan ibadah haji nantinya,” terang M. Ali.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Fajarin yang dalam membuka acara dan sambutanya mengungkapkan,  “Agar masa haji tahun 2022 dapat memberangkatkan jamaah calon haji, berapapun jumlahnya mengingat semakin panjangnya antrian keberangkatan haji yang ada, sehingga dapat mengurangi jumlah antrian dan menggarisbawahi pentingnya isu pelayanan dan perlindungan yang selalu muncul dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Fajarin.

Fajarin berharap rencana dan  prosedur keberangkatan haji di masa pandemi,  persiapan yang sudah dilakukan jajaran Ditjen PHU dapat memberikan solusi akan dampak  dari pandemi dan peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada jemaah.

M. Ali Z. memberberkan rencana keberangkatan rahun 2022 dari jumlah quato yang akan disesuaikan dengan kesiapan Pemerintah Saudi Arabia, dan keberadaan pandemi covid-19, baik pelayanan catering, transportasi, maupun akomodasi di dua Kota Suci (Makah dan Madinah) serta Jeddah.

“Dengan pemaparan ini, agar dapat disampaikan kepada calon jammah haji baik yang tertunda maupun calon jamaah haji yang sudah mendapatkan porsi keberangkatan sebagaimana harapan bapak kepala kantor Drs. H. Fajarin di pembukaan tadi,” pungkasnya.   

Acara diseminasi dilaksanakan secara serius tapi santai dengan diselingi diskusi dan pertanyaan dari peserta.(Hid/Sua)