Ditengah Kesibukan, PPIH Embarkasi Solo Selenggarakan Upacara Bendera

Boyolali (inmas) – Rasa kecintaan tanah air dan bangsa tetap berkobar di dalam dada, sekalipun sedang menjalankan tugas negara dalam hal memberikan pelayanan kepada jemaah haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Satuan Tugas (Satgas) PPIH menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertempat di depan Gedung Sekretariat Asrama Haji Donohudan Boyolali seluruh PPIH dan Satgas PPIH terkecuali yang sedang melaksanakan tugas semangat mengikutinya.

Adapun yang bertugas dalam upacara bendera diambilkan dari Bidang Keamanan PPIH Embarkasi Solo, bertindak sebagai Inspektur Upacara AKP. Purnomo dari Kepolisian Republik Indonesia Resor Boyolali yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tidak seperti tahun lalu, Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pesertanya melibatkan jemaah haji, untuk kali ini hanya PPIH dan Satgas PPIH dikarenakan posisi jemaah baru masuk asrama pukul 06:00 WIB dan sedang menjalani tes kesehatan, sedangkan yang ada di Asrama hanya ada satu kloter dan itupun sudah mulai persiapan pemberangkatan siang ini.

Sekretaris PPIH Sholikhin mengungkapkan kegembiraannya disela-sela melaksanakan tugas Negara melayani jemaah haji pihaknya mampu menyelenggarakan upacara bendera peringatan hari ulang tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, ditengah-tengah kesibukan memberikan pelayanan kepada jemaah, pagi ini sebagian besar PPIH dan Satgas PPIH dapat menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan khidmat dan lancar,” kata Sholikhin seusai melaksanakan upacara di Halaman Gedung Sekretariat Asrama Haji Donohudan, Kamis (17/08).

Terkait makna peringatan hari ulang tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia bagi PPIH Embarkasi Solo, Sholikhin mengungkapkan pihaknya baik PPIH maupun Satgas PPIH diharapkan bisa meningkatkan semangat kerja bersama saling gotong-royong dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada calon jemaah haji, sehingga tugas pelayanan terasa ringan dan jemaah akan merasa kepuasan terlayani.

“Melalui peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, mari segenap PPIH maupun Satgas PPIH saling bahu-membahu dan bekerja sama dalam mengemban tugas negara memberikan pelayanan kepada jemaah haji, dengan pelayanan terbaik kepada jemaah harapannya jemaah akan merasakan kenyamanan dan kepuasan telah terlayani,” ungkapnya.

Update Informasi Haji.

Tercatat sampai dengan hari Kamis (17/08) Embarkasi Solo telah memberangkat sebanyak 23,221 jemaah yang terbagi dalam 65 kelompok terbang (kloter), untuk jemaah yang telah mendarat di Tanah Suci sebanyak 22,513 jemaah terbagi dalam 63 kloter dan untuk kedatangan, Embakasi Solo telah menerima calon jemaah haji sebanyak 23,598 jemaah yang terbagi dalam 66 kloter.

Sementara untuk jadwal hari ini, Embarkasi Solo akan menerima kedatangan calon jemaah haji sebanyak 4 kloter yang keseluruhannya berasal dari Kota Semarang masing-masing kloter 67, 68, 69 dan 70. Sedang untuk keberangkatan hari ini Embarkasi Solo hanya memberangkatkan 2 kloter yakni kloter 65 dari Kabupaten Grobogan yang telah diterbangkan pada pukul 03:55 WIB dini hari dan kloter 66 gabungan dari kabupaten Grobogan dan Kota Semarang yang rencananya akan diterbangkan siang ini pukul 12:05 WIB. (gt/gt)