Doa bersama 171717, Implementasi Sholat 17 rekaat

Rembang – Lantunan ayat-ayat suci AL-qur’an menggema di Masjid Agung Rembang. Sore bakda ashar, Masjid ini dipenuhi oleh masyarakat untuk memperingati doa bersama 171717 dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-72.

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Pemkab Rembang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, dan Kodim 0720 Rembang. Sesuai dengan nama acara, yaitu doa bersama, acara ini dimulai dengan khotmil qur’an yang secara khusus dibacakan oleh sekitar 30 tahfidz dan diikuti bersama-sama dengan jemaah lainnya.

Bupati, para kyai dan ulama, segenap PNS Kankemenag Rembang dan seluruh jajaran Kodim 0720 Rembang dengan khusyuk mengikuti tadarus Al-qur’an yang dipimpin oleh KH Khatib Mabrur. Ratusan siswa Madrasah dan santri pondok pesantren sekitar juga turut menyemarakkan kegiatan ini.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah memberikan sambutan acara. Atho’illah mengatakan, doa bersama merupakan momen untuk merajut kebersamaan, menengadahkan doa kepada Allah SWT agar Indonesia selalu diberikan rahmat dan keberkahan.

Sementara Dandim, Letkol Inf Darmawan Setiady juga menyampaikan sambutan,. Dikatakannya doa bersama 171717 ini merupakan implementasi dari jumlah rakaat sholat lima waktu. Dia berharap, dengan doa ini Indonesia bisa semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta terhindar dari segala bentuk ancaman dan perpecahan. “Jangan sampai isu-isu SARA memecah belah persatuan dan integritas bangsa,” tandasnya.

Sementara di beberapa tempat ibadah semua agama di Rembang dari semua agama juga digelar doa bersama. Acara doa bersama ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. — ss/bd