MTsN 1 Pati Gandeng MTs Nurul Khosyi'in jadi madrasah binaannya.

Dongkrak Prestasi Antar Madrasah, MTsN 1 Pati Gandeng Madrasah Binaan

Pati – MTsN 1 Pati kembali menjalin kerjasama dengan salah satu madrasah di KKMTs 01 Pati, MTs Nurul Khosyi’in. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak dan Kepala MTs Nurul Khosyi’in, Teguh Seti Sedayu pada Rabu (4/8).

Sebelumnya MTsN 1 Pati telah memiliki 5 sahabat madrasah, yakni MTs Manahijul Huda Ngagel, MI Taris Winong, MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan, MTs PIM Mujahidin Bageng, dan MIN 2 Pati. Hingga saat ini madrasah binaannya tersebut telah menelurkan beberapa prestasi di tingkat Kabupaten bahkan Nasional.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengatakan kerjasama yang dilakukan antara MTsN 1 Pati dan MTs Nurul Khosyi’in ini di bidang pengelolaan pencapaian prestasi madrasah. “Penandatanganan MoU ini sebagai sarana kerjasama dalam hal pengelolaan pencapaian prestasi madrasah,” terangnya.

Syafak menambahkan, pihaknya kembali melakukan kerjasama dengan tujuan meningkatkan mutu, daya saing, dan pemerataan pendidikan khususnya wilayah KKMTs 01 Pati. “Utamanya yang terdekat terlebih dahulu, syukur semua MTsse-KKMTs 01 Pati bisa saling menjalin kerjasama, dan tidak menutup kemungkinan juga bisa kerjasama dengan madrasah di luar itu. Tujuannya adalah madrasah maju bersama,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini Ia berharap pihaknya dapat menularkan ilmu dengan baik terutama dibidang pengelolaan pencapaian prestasi madrasah kepada MTs Nurul Khosyi’in, sehingga dapat memberikan manfaat dan barokah bagi kedua belah pihak.

Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Pati, Ruhani mengapresiasi penuh terhadap MoU yang baru saja dilaksanakan kedua madrasah tersebut. “Semoga dengan kegiatan ini, dapat mendongkrak prestasi madrasah di Kabupaten Pati,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala MTs Nurul Khosyi’in Teguh mengungkapkan alasan melakukan kerjasama dengan MTsN 1 Pati karena selain sebagai madrasah percontohan, prestasi MTsN 1 Pati selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Adapun target yang akan dicapai dalam waktu terdekat setelah adanya kerjasama ini ialah, bisa berprestasi di tingkat Kabupaten. “Fokus pada perlombaan dan dalam waktu terdekat bisa berprestasi di tingkat Kabupaten terlebih dahulu,” jelasnya.

Teguh menambahkan untuk teknis dalam pelaksanaan kerjasama yang terjalin, pihaknya dalam hal ini guru yang bersangkutan akan berkoordinasi dengan guru MTsN 1 Pati terkait pembimbingan siswa. “Ya antarguru, tapi selain itu juga koordinasi berkaitan dengan hal-hal lain, tentunya untuk kebaikan dan kemajuan MTs Nurul Khosyi’in,” tuturnya. Ia berharap kerjasama yang terjalin ini dapat berjalan dengan baik sehingga apa yang menjadi cita-cita dari madrasah yang ia pimpin bisa terwujud. “Harapannya ya prestasi madrasah kami bisa seperti MTsN 1 Pati,” pungkas Teguh. (Tim)

  • Editor : athi’mufida