Dorong Siswa Sukses PTS, Wali Kelas Siap Pantau Sampai Akhir

Banjarnegara – Penilaian Tengah Semester (PTS) Mts Negeri 1 Banjarnegara mulai dilaksanakan pada Senin, (20/9/2021). Pelaksanaan ini berdasarkan kalender pendidikan MTs Negeri 1 Banjarnegara dan juga berdasarkan rapat persiapan PTS yang diikuti oleh panitia PTS bersama kepala madrasah dan para wakil kepala. PTS ini merupakan program semester yang dilaksanakan setiap semester sekali dan dilaksanakan setiap tengah semester. Para wali kelas sangat berperan aktif dalam menyukseskan PTS MTs Negeri 1 Banjarnegara.

PTS merupakan bentuk dari Penilaian Harian Terstruktur (PHT) pada kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan PTS peran wali kelas sangat diperlukan. Wali kelas berperan untuk mengecek setiap siswa di kelas masing-masing, apakah semua siswa siap mengerjakan PTS atau tidak. Selain itu, wali kelas juga turut mengecek siswa di kelasnya sudah mengerjakan mata pelajaran yang diujikan atau belum. Selain mengecek, wali kelas juga berperan menjadi fasilitator apabila siswa mengalami kendala.

Pelaksanaan PTS dilakukan secara daring di rumah siswa masing-masing. Hal ini menjadi tantangan bagi para wali kelas. Wali kelas diharuskan mengecek para siswa di kelasnya yang mengerjakan PTS dari rumah. Soal PTS ini disajikan dalam google form (GF) yang sudah disiapkan oleh guru mata pelajaran. Ternyata pelaksanaan PTS daring ini terdapat siswa yang mendapat kendala. Beberapa kendala yang dialami siswa adalah susahnya jaringan, gawai rusak, dan beberapa kendala lain.

“Sebelum PTS dimulai, wali kelas itu ditugaskan untuk memastikan bahwa siswa siap mengikuti PTS. Pengecekan ini tentu saja dilakukan sebelum PTS dimulai. Saya sebagai wali kelas VII H sudah memastikan bahwa siswa kelas VII H sudah siap mengikuti PTS daring sejak hari sabtu lalu,” tutur Asih Wijayanti, wali kelas VII H.

Selain memastikan siswa siap mengikuti PTS, wali kelas juga ditugaskan untk memantau jalannya PTS.

“Kami sebagai wali kelas juga memantau anak-anak kami apakah mereka dalam mengerjakan PTS lancar-lancar saja atau mengalami kendala. Apabila mengalami kendala kami beserta panitia dan pihak madrasah akan berdiskusi menemukan solusi terbaik setiap kendala yang dialami siswa,” tambah Agustina Dewi Merdekawati wali kelas VIII A.

Yuniati, wakil kepala urusan kurikulum mengharapkan semua siswa bisa mengerjakan PTS dengan lancar dan sukses.

“Hasil PTS ini semoga bisa menjadi motivasi bagi siswa untuk dapat memperbaiki hasil belajar mereka. Juga bisa menjadi evaluasi bagi para guru mata pelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran,” tutupnya.  (rin/ak/rf)