DPD KNPI Kota Magelang Gelar Acara Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2021

Kota Magelang – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Magelang bekerjasama dengan Diporapar Kota Magelang gelar acara dalam rangka peringatatan  Hari Santri Nasional Tahun 2021 di GOR Samapta Kelurahan Kramat Selatan Kecamatan Magelang Utara. (Jum’at 29/10). Hadir dalam dalam acara itu selain pejabat pemerintahan juga pimpinan organisasi keagamaan Islam.

Riza Fajar Budianto Ketua DPD KNPI Kota Magelang dalam sambutannya mengatakan “ atas nama pribadi dan organisasi saya mengucapkan selamat memperingati Hari Santi Nasional Tahun 2021, santri sehat jiwa dan raga. Sejarah telah mencatat bahwa santri pada setiap generasinya telah dapat membuktikan pengadiannya terhadap bangsa dan negara. Dalam rangka membangun bangsa ini, mulai dari kemerdekaan sampai mengisi kemerdekaan. Di era globalisasi, santri harus menjadi garda terdepan menjadi contoh generasi bangsa yang berkualitas tentunya dengan mengedankan akhlakul kharimah” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapala Kankemenag Kota Magelang menyatakan “Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan llil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Siaga raga berarti badan, tubuh, dan buah karya santri didedikasikan untuk bangsa Indonesia” ungkap Sofia Nur.

“Santri diberbagai pondok pesantren kini telah diberikan bekal yang cukup. Selain pengetahuan keagamaan tetaplah menjadi orientasi utamanya, ilmu pengatahuan pendukung lainnya seperti salah satunya teknologi informatika merupakan hal yang lazim. Harapannya, agar santri mampu berkontribusi dalam membangun negeri dengan lebih optimal” terangnya kemudian.

Pacsa Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional dengan regulasi yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Eksistensi santri semakin mendapatkan tempat tersendiri dalam kehidupan berbangsa di negara yang mayoritas muslim ini. Semoga, santri-santri yang menyebar berada di seluruh penjuru negeri ini menjadi garda terdepan dalam menjaga dan membumikan nilai-nilai moralitas dan keteladanan bagi masyarakat. (Hari)